Search This Blog

Narjis Nuruddin - Kaligrafer Wanita Mantan Banker

 


Narjis Nuruddin, seorang kaligrafer wanita dari Abu Dhabi memiliki banyak prestasi dalam bidang kaligrafi, dan telah banyak ikut serta dalam berbagai even pameran dan lomba. Ia adalah perempuan kelahiran tahun 1975, dan sebelumnya menempuh pendidikan dibidang perbankan. Ia pernah bekerja dibidang industri perbankan sampai tahun 2006. 

Pada tahun 2000, ia tertarik dengan kaligrafi dan mulai mempelajarinya. Ia masuk institut kaligrafi di kota Sharjah (Syariqah), dan secara privat belajar dirumah rumah para kaligrafer antara lain Khalid as-Sa'i. Kemudian pada tahun 2006 ia pergi ke Istambul untuk belajar Tsuluts dan Tsuluts Jaly kepada kaligrafer kenamaan Hasan Celebi dan Dawud Bektasy. 

Pada tahun 2007 ia pergi ke Teheran untuk belajar kaligrafi Farisi/Nasta'liq kepada Abbas Akhwain. Aktif mengikuti pameran dan workshop Kaligrafi yang diadakan oleh Departemen Pariwisata Dubai.

Puncak prestasinya adalah ia meraih penghargaan pada kompetisi kaligrafi sesi ke-6 yang diselenggarakan oleh IRCICA atas karya Diwani Jaly yang ditulisnya pada tahun 2004.

Berikut ini adalah karya karyanya :



Allahu Nuurus-samaawati wal ard




Wa bisy-syukri taduumun ni'am (dengan syukur, nikmat menjadi langgeng)


lilladziina Ahsanul husna wa ziyadah



Syair Do'a Ali Bin Abi Thalib

لك الحمد يا ذا المجد والجود تبـــــــــــاركت تعطي من تشاء وتمنع
إلهي حــــليف الحب بالليل ساهـــر    ينادي ويدعو والمغفل يهجع
إلهي أنلني منك روحا ورحمة    فلست سوى أبواب فضلك أقرع





Walatajidanna Aqrabahum mawaddatan lilladzina amanu alladzina qaaluu innaa nashooro




AlQuran Surah Al-Qadr




Kun Ibna Man Syi'ta waktasib adaban 

Demikianlah karya karya Narjis Nuruddin, mudah mudahan bermanfaat untuk dipelajari. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca.


< >
Narjis Nuruddin - Kaligrafer Wanita Mantan Banker 4.5 5 طالب الخط Narjis Nuruddin, seorang kaligrafer wanita dari Abu Dhabi memiliki banyak prestasi dalam bidang kaligrafi, dan telah banyak ikut serta ...


No comments:

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.