Search This Blog

Pirografi : Menulis Kaligrafi Dengan Efek Terbakar

 

Kaligrafi Bakar
https://www.flickr.com

Pirografi atau Lukisan Bakar adalah menulis dan melukis dengan menggunakan alat pembakar. Seni ini sebenarnya sudah lama dikembangkan di Indonesia. Hanya saja dalam bidang kaligrafi, belum terlalu berkembang. Menulis kaligrafi dengan metode pirografi diatas kayu, menghasilkan karya seni yang sangat indah. Apalagi bila menggunakan alat alat pirografi standar yang digunakan oleh para seniman, disertai latihan yang cukup. Seni kaligrafi dengan pirografi boleh saya katakan belum terlalu dikembangkan. Mungkin giliran anda yang akan menjadi masternya. Anda bisa belajar lebih lanjut mengenai seni pirografi ini pada blog Rumah Lukisan Bakar Anjani Gallery, yang memang khusus membahas tutorial pirografi.

Mengenal Pirografi

Pyrography atau pyrogravure (dalam lidah Indonesia pirografi), adalah seni dekorasi menggunakan alat pembakar yang sering diaplikasikan pada kayu (karena itu sering juga disebut seni wood burning). Dalam istilah Indonesia, sudah ada istilah "lukisan bakar". Pada perkembangan selanjutnya, pirografi tidak melulu diaplikasikan pada kayu melainkan pada media media lain.




Alat pembakar yang digunakan bisa beragam, bisa menggunakan obat nyamuk bakar, rokok, solder, kaca pembesar, atau peralatan pirografi modern terstandar yang ujungnya bisa diganti ganti (dengan harga cukup mahal untuk ukuran saya). 

Menggunakan kaca pembesar (loop). Butuh keahlian dan kesabaran tingkat tinggi

Untung Yuli Prasetiawan (http://zuma.staff.umm.ac.id/).
Menggunakan rokok. Memadukan kenikmatan merokok dan kenikmatan melukis.

Membuat Karya Kaligrafi Dengan Pirografi

Membuat Karya Kaligrafi dengan pirografi sebenarnya sangat sederhana. Anda hanya menggores dengan alat pemanas diatas garis garis kaligrafi yang sudah anda salin ke media kayu, lakukan sampai selesai. Yang sulit adalah bagaimana mengendalikan alat pembakar, agar hasil seninya bagus. Seniman yang sudah profesional dapat mengendalikan alat pembakarnya sedemikian rupa sehingga menghasilkan torehan yang halus, dan konsisten.   

Bagusnya seni pirografi juga tergantung pada media yang anda gunakan. Bila menggunakan kayu, kayu apa yang anda miliki. Kayu yang memiliki garis garis alami, akan menghasilkan karya yang lebih indah. 

Berikut ini langkah langkahnya bila anda hendak mencoba pirografi untuk pertama kali : 
1. Cari Triplek 
2. Salin tulisan kaligrafi keatas triplek, dengan menjiplaknya menggunakan karbon. Bila anda sudah mahir kaligrafi, anda bisa langsung menulisnya diatas triplek
3. Panaskan solder (yang biasa digunakan tukang elektronik). Bila tidak punya, bakar saja obat nyamuk. Tapi jangan terlalu berharap ini akan menyenangkan. Karena obat nyamuk tidak bisa digunakan terus menerus. Anda harus berhenti dulu supaya baranya tetap menyala (untuk mengatasinya bakar beberapa obat nyamuk dan gunakan bergantian). Atau anda bisa membuat alat pirografi sendiri (lihat video cara mudah membuat alat pirografi sendiri).
4.  Torehkan alat pembakar itu, keatas garis garis kaligrafi diatas triplek sampai selesai.

Berikut ini video cara membuat kaligrafi pirografi.




Dan berikut ini adalah video kedua cara membuat kaligrafi pirografi :





<
Pirografi : Menulis Kaligrafi Dengan Efek Terbakar 4.5 5 Subhan Hidayat pirografi, cara membuat kaligrafi, lukisan bakar, kaligrafi unik, kaligrafi kayu https://www.flickr.com Pirografi atau Lukisan Bakar adalah menulis dan melukis dengan menggunakan alat pembakar. Seni ini sebenarnya s...


1 comment:

Rr. Intan Larasati said...

Pirografi memang belum begitu populer di Indonesia. Saya juga anak baru di bidang seni lukis pirografi, dan masih butuh belajar banyak dari berbagai sumber.

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)