Search This Blog

Cara Membuat Frame Kaligrafi Agar Karyamu Semakin Bagus

 

Cara membuat frame ala kaligrafer Tsair Al Atraqji. 

Karyamu akan tampak semakin indah dan bernilai tinggi apabila diberi bingkai. Kamu bisa membuat bingkai sendiri untuk karya kaligrafimu, mengikuti langkah langkah yang diajarkan oleh Tsair Atraqji dalam videonya yang merupakan salah satu dari silsilah maharot yahtajuha alh khattat (Keterampilan yang dibutuhkan oleh kaligrafer).

Dalam video ini beliau mengajarkan cara membuat frame ganda (double mat frame). Bersama Kaligrafi Islam, kita akan mempelajari keterampilan penting ini.

Kalau kamu belum menangkap apa yang saya maksud, silahkan perhatikan gambar gambar berikut ini :

Karyamu sebelum diberi frame

Karyamu setelah diberi frame. Indah bukan..?

Dalam tutorial ini, karyamu akan diberi dua pelapis frame, sebelum dimasukkan kedalam pigura. Alat alat yang peragakan pada video ini adalah :

  1. Kertas art karton atau karton duplex (saya hanya menebak saja karena tidak dijelaskan dalam video. Bisa diganti dengan kertas lain yang cukup tebal).
  2. Sticker bermotif EBRU (atau motif lain yang ada. Bisa dipesan di tukang sticker. Atau cukup kertas berwarna saja)
  3. Pigura (disesuaikan dengan ukuran kaligrafinya. Pigura beli sendiri ya...karena tutorial ini bukan tentang cara membuat pigura).
  4. Cutter, penggaris, jarum, meteran dan pensil
  5. Pernis (atau pylox clear)
(Tentu saja bahan bahannya tidak harus persis seperti itu. Kita ambil prinsip kerjanya saja, kemudian kita berkreasi sendiri dengan bahan bahan yang tersedia di daerah kita. Misalnya sticker motif EBRU bisa diganti dengan yang lain, tergantung persediaan.)

Langkah Langkahnya : 


Ambillah karya kaligrafi kamu yang sudah selesai. Karya kaligrafi itu akan kita buatkan dua buah mat, yang pertama kertas putih dengan hiasan emas, yang kedua adalah mat bagian luar yang bermotif  EBRU (marmer). 

Langkah langkah membuatnya adalah sebagai berikut :

Ukur bidang kaligrafinya


Ukur bidang tulisan kaligrafi, yaitu 3 cm dari bagian terluar tulisan. 3 cm atas, 3cm bawah, 3 cm. pinggir pinggir. Ini adalah bidah tulisan yang akan ditampilkan dalam pajangan. Kemudian beri garis tipis dengan pensil.



Ukur bidang mat


Dari bidang tulisan yang telah diberi garis tadi, ukur lagi sebesar 8 cm untuk memasang mat yang nanti akan kita buat. Setelah diukur, potong kertas kaligrafi pada bagian yang tidak berguna. yaitu bagian yang melebihi bidang yang telah diukur.



Memotong kertas untuk mat.

Kaligrafi diletakkan diatas karton kemudian dilengketkan untuk memudahkan pemotongan

Kertas untuk Mat sudah selesai. Jumlahnya ada dua

Setelah kertas kaligrafi dipotong dan dirapikan sesuai ukuran tadi, ambillah kertas karton yang akan dibuat mat, lalu potonglah kertas itu sama besar dengan ukuran kertas kaligrafinya. Buatlah dua buah.


Membuat Mat pertama

Tandai dengan jarum (ditusuk sampai tembus)


Buang bagian tengahnya

Beri border (hiasan garis) dengan tinta emas. Diatas border emas kita buat garis lagi kira kira 1/2 cm.
  • Kertas duplex yang sudah dipotong tadi, kita ambil satu untuk membuat mat pertama. Letakkan kertas kaligrafinya diatasnya, kemudian tandai dengan jarum. (ditusuk). Dimana kita menusuknya..? dipojok pojok garis tipis yang telah kita buat tadi. (menandai dengan jarum hanyalah salah satu cara. Kamu bisa membuat tanda dengan cara lain. 
  • Kemudian bagian yang sudah ditandai tadi dipotong, dan bagian tengah dibuang. 
  • Hiasi pinggiran bagian dalamnya dengan cat/spidol emas. Jaraknya kira kira setengah cm. dari bidang tulisan. 
  • Setelah itu, buat garis kira kira setengah cm dari hiasan emas itu. 



Membuat Mat Kedua (Mat Ebru)

Sticker Ebru setelah ditempelkan diatas karton 

Diukur dan ditandai dengan jarum 

Dipotong dan dibuang bagian tengahnya

Semprot dengan pernis

  • Siapkan sticker bermotif marbel (EBRU) bila ada. Siapkan juga potongan karton duplex yang sudah kita buat.
  • Ukur dan potong sticker agar sama besar dengan karton duplex. Tempelkan sticker itu pada kertas duplex dengan hati hati. 
  • Ambil mat pertama, kemudian ukurlah mat kedua dengan memberi tanda dengan jarum pada pojok pojok garis yang ada diatas hiasan emas. 
  • Kemudian potong bagian yang telah ditandai dan buang bagian tengah.
  • Semprotkan pernis pada mat EBRU agar motifnya terlihat lebih terang dan mengkilat
  • Pasang pada pigura. 
  • Selesai


Berikut ini videonya. Ikuti langkah langkahnya dan berlatihlah agar semakin mahir.




Demikianlah video cara membuat frame double mat bersama Tsair Atraqji, seorang kaligrafer yang juga ahli menggambar karikatur.


Ada banyak video lain yang sangat berguna di blog beliau : http://alatraqchi.blogspot.com 

Mudah mudahan bermanfaat, terima kasih.

<
Cara Membuat Frame Kaligrafi Agar Karyamu Semakin Bagus 4.5 5 Subhan Hidayat frame, double mat, لوحة, pigura, double mat frame Cara membuat frame ala kaligrafer Tsair Al Atraqji.  Karyamu akan tampak semakin indah dan bernilai tinggi apabila diberi bingkai. Kamu b...


No comments:

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (38) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)