Search This Blog

Ternyata Ada Maling Artikel Disini...Blogger Malas Mendapat Hukuman

 

pencurian content


Mohon maaf bila judulnya agak kasar. Saya keberatan bila artikel artikel blog ini di copas plek plekan 100%. Padahal ada cara yang etis dan elegan bila anda hendak mengambil konten orang lain.

Hari ini tanpa sengaja saya menemukan sebuah blog kaligrafi berjudul Pusat Kaligrafi. Konten blog ini 100% mengambil artikel milik saya, yang saya tulis di blog ini (kaligrafi--islam.blogspot.com). Di blog Kaligrafi Islam ini saya punya artikel sebanyak 300an. Dan semua artikel itu dicopas (copy paste) habis. Bahkan hasil salah ketik pun ikut dicopas tanpa diedit.

Padahal untuk menulis artikel artikel itu saya mengorbankan banyak waktu, tenaga dan pikiran.  Tiba tiba ada yang mencomotnya begitu saja. Bahkan artikel artikel itu tidak dibaca dan diedit. Cuman disalin kemudian ditempel. Ini kelakuan blogger pemalas. Untuk melakukan ini bahkan mereka menggunakan bot. Cukup menggerakkan jari jari saja, artikel orang disedot habis.


Saya dirugikan

Dihukum Google, Blog Langsung Ditutup


Dengan peristiwa ini saya langsung menempuh langkah langkah 'hukum' dengan mengadukan plagiat ini ke DMCA Google. Prosesnya agak melelahkan, karena harus melampirkan URL artikel satu persatu. URL saya dan URL si plagiator. Bila ada 100 artikel yang di copas, berarti ada 100 URL yang harus dilaporkan. Kurang lebih 2 jam saya melapor ke DMCA. Setelah selesai, saya menandatangi sumpah bahwa sayalah pemilik artikel original. Setelah itu laporan saya submit, kemudian menunggu. 

Hanya dalam waktu 24 jam, blog pagiat tersebut telah ditutup.

DMCA
Blog plagiat itu sudah ditutup oleh Google

Silahkan Ambil Artikel Saya Dengan Beretika



Tujuan saya menulis blog ini, semata mata ingin membagikan manfaat dari konten yang saya tulis. Saya memang memasang iklan adsense. Tetapi letaknya saya atur supaya tidak mengganggu pembaca. Walaupun dengan begitu penghasilan saya menurun jauh.

Tentu saya tidak akan melarang siapapun yang hendak mengutip atau menulis ulang artikel saya. Saya pun menulis ulang dan mengutip artikel blog blog lain. Hanya saja, mesti dilakukan dengan beretika.

Berikut ini saran saya bila anda tertarik dengan artikel saya..

  1. Bila hendak melakukan copas secara utuh, sertakanlah alamat blog ini sebagai sumbernya. Biarpun anda tidak memasang link hidup, tidak masalah bagi saya. Misalnya anda tulis ' seluruh artikel ini berikut gambarnya diambil dari blog 'kaligrafi--islam.blogspot.com'. Kalau anda hidupkan linknya, saya sangat berterima kasih. Misalnya seperti ini kaligrafi-islam.blogspot.com
  2. Bacalah, pahami, kemudian tulislah ulang dengan lebih baik. Kalo perlu tulislah 10 kali lipat lebih baik. Menulis ulang artikel (rewriting content atau repurposing content)  adalah kegiatan yang sangat beretika dan elegan.
  3. Bila hendak mengutip bagian bagian tertentu, silahkan saja lakukan dengan bebas walaupun tidak mencantumkan sumber. Hanya saja pastikan anda sudah membaca dan memahami apa yang anda kutip. Supaya blog anda tidak turun kualitasnya. Kecuali bila yang anda ambil itu opini pribadi saya atau sisi pandang saya. Maka anda harus mencantumkan sumber. Supaya kalo ada opini saya yang salah, saya yang bertanggung jawab.
  4. Dalam menulis ulang artikel, usahakanlah anda tulis unik, tidak sama dengan artikel aslinya. Supaya google tidak mengenalinya sebagai kontent duplikat. Disamping itu, hal ini akan membuat anda kredibel dimata pembaca dan bagus dalam pandangan mesin pencari google.

Kalo anda menganggap saran saran saya itu hanya buang buang waktu dan tenaga, lalu anda copas artikel orang semau maunya, maka anda MALING.

Blogger maling tidak diterima di blogosphere. Apalagi tujuannya untuk dapat penghasilan dari adsense. Lebih terhormat anda ngamen saja di angkot.

Terima kasih


<
Ternyata Ada Maling Artikel Disini...Blogger Malas Mendapat Hukuman 4.5 5 Subhan Hidayat Pencurian konten, copas, copy paste, plagiat, plagiarism Mohon maaf bila judulnya agak kasar. Saya keberatan bila artikel artikel blog ini di copas plek plekan 100%. Padahal ada cara yang et...


4 comments:

Hanif Ai said...

Assalamu'alaikum, saya Hanif, saya juga seorang blogger,

saya melihat bahwa blog kaligrafi islam ini sangat bagus, bisa disorot tetapi tidak bisa dicopy paste, boleh tau gimana caranya? atau setidaknya diberi bahan referensi caranya dari mana?, soalnya saya juga cukup geram dengan aksi pencurian konten... sekian terima kasih

Subhan Hidayat said...

Waalaikum salam. Terima kasih telah berkunjung.

Ketika konten blog ini di copas orang, saya memang minta bantuan beberapa mahasiswa yang magang dikantor saya untuk melindungi blog ini. Saya tidak tahu apa yang mereka perbuat terhadap blog ini. Mereka otak atik, kemudian jadilah......jadi anti copas. Saya sendiri tidak bisa copas artikel saya sendiri.

Jadi saya tidak mengerti bagaimana caranya. Saya hanya ngerti ngisi konten saja.

KALIGRAFI KAYU JATI said...

Maka dari itu kalo kopas itu tidak baik di mata google.

Tool Olshop said...

Assalamualaikum.wr.wb.
Salam Persaudaraan..
Ustd..Bolehkah gambar kaligrafi nya saya print?

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (58) Khattat (48) Buku Kaligrafi (36) Download (27) Latihan (15) Tematik (14) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (10) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Mushaf (5) Naskhi (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Abdurraziq Salim (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Farisi (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)