Search This Blog

Langkah Langkah Membuat Karya Kaligrafi

 



Langkah langkah membuat karya kaligrafi dijelaskan oleh kaligrafer muda dari Kuwait Jasim Mi'raj melalui video yang didokumentasikan dari sebuah workshop internasional.

Membuat sebuah karya seni kaligrafi yang halus dan indah, tidak dilakukan dengan sekali gores langsung jadi. Ada beberapa tahapan langkah langkah yang harus dilakukan. Langkah langkahnya meliputi merancang design, membuat qalib (master ), dan tasrtisy (finishing). Semuanya di jelaskan dan di demonstrasikan oleh kaligrafer muda dari Kuwait bernama Jasim Mi'raj.

Berikut ini adalah tahapan tahapan membuat karya kaligrafi menurut Jasim, yang saya ringkaskan dari 4 buah video beliau . Video video tersebut, secara lengkap dapat disaksikan di channel youtube : Kuwait Islamic Art Center 


1.  Tahap Pertama, Mengumpulkan Ide

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih ayat atau hadis yang hendak ditulis, kemudian fahami maknanya. maka akan muncul ide ide yang sejalan dengan makna kandungan teks tersebut. Ide tidak harus benar benar baru. Kamu bisa melihat lihat karya orang lain untuk mendapatkan ide.



2.  Tahap Kedua, Merancang Design

Tuangkan semua ide ide yang terkumpul dalam bentuk coret coret. Tentukan shape yang hendak diwujudkan, apakah oval atau lingkaran. Kemudian rancanglah kaligrafinya. Bisa menggunakan pensil ataupun menggunakan pena kaligrafi kecil. Temukanlah bentuk yang paling memuaskan. 

Merancang design dengan pensil



Merancang design





3.  Buatkan Qalib (Master Jiplakannya)

Rancangan yang telah dipilih, kemudian di terjemahkan dalam ukuran sebenarnya. Mungkin kamu akan membutuhkan banyak kertas. Karena kaligrafer yang sudah ahlipun terkadang butuh beberapa kertas untuk menemukan bentuk yang diinginkannya. Gunakan pencil atau kapur tulis, agar mudah dihapus. Kemudian tebalkan dengan tinta. Hasil karya ini kemudian dirapikan sekedarnya (tidak mesti halus dan rapi, karena ini fungsinya hanya sebagai master, bukan karya final). Yang penting bentuk kaligrafinya kelihatan. 

Setelah jadi, kamu peeriksa hasilnya. Jangan sampai ada kesalahan besar atau khata' jaliy (seperti kurang titik, atau kurang huruf yang menyebabkan maknanya berubah).
 
Setelah diperiksa, karya tadi bisa langsung dijadikan master jiplakan (qalib). Tetapi biasanya, para kaligrafer menyalinnya lagi diatas kertas kalkir. (Catatan, mereka juga biasanya langsung merancangnya diatas kertas kalkir ). Kelebihan kertas kalkir adalah, ia menerawang hampir transparan sehingga memudahkan proses menjiplak. Ia juga kuat sehingga bisa digunakan berkali kali.   


Menterjemahkan rancangan kepada ukuran yang lebih besar.
Langsung dengan pena kaligrafi. Selanjutnya, hasilnya akan digunakan sebagai master.



4.  Tahap Tanfidz (Eksekusi)

Setelah qalib selesai, kita bisa berkarya dengan berbagai media yang diinginkan. Satu qalib bisa digunakan berkali kali. 
  • Ambillah media yang bagus (mungkin kertas ahar, kayu, sticker atau artpaper)
  • Salinlah atau jiplaklah qalib diatas media. 
  • Bila bahannya tebal (seperti kayu) maka kamu bisa menjiplaknya dengan kertas karbon. Letakkan karbon diatas media, kemudian letakkan qalib diatasnya lalu jiplaklah sampai selesai. Supaya jiplakannya tidak lari kesana kemari, lengketkanlah dengan selotip. 
  • Bila bahannya tipis seperti kertas, jangan dijiplak dengan karbon. Karena ada resiko kotor. Yang paling bagus, menjiplaknya dengan cara meletakkan qalib dibawah kertas (lebih baik lagi bila dibawahnya diberi  lampu agar kaligrafinya terlihat jelas). Lalu mulailah menjiplak dengan pensil. Untuk kaligrafer yang sudah ahli, biasanya ia langsung menulisnya dengan pena kaligrafi dan tinta dengan mengikuti jiplakan yang menerawang itu. Mereka tidak butuh pensil. 
  • Para kaligrafer kuno memiliki metode jiplak yang disebut ta'bir. Yaitu menggunakan tusuka tusukan jarum. 

Diberi selotip


Mulai dijiplak dengan pensil

Angkat selotipnya, dan singkirkan jiplakan (qalib)nya


Mulai menulis dengan pena beneran


Jangan lupakan detail 
(harokat, hiasan, tahun dan tanda tangan)



5.  Tahap Tartisy (Finalisasi)

Setelah karya yang diinginkan selesai, proses selanjutnya adalah finishing (tartisy). kegiatannya adalah membersihkan, menghaluskan dan menajamkan. 
  • Hapus bekas bekas pensil dengan penghapus karet (pastikan tinta kaligrafinya sudah kering)
  • Kerik tinta yang dianggap kurang rapi. Gunakan pisau khusus atau cutter.
  • Haluskan dengan menambahkan tinta. Gunakan pena dengan ukuran mata kecil.
Dikerik dengan pisau khusus (pisau hobi)


Dihaluskan dan disempurnakan dengan pena ukuran kecil


Karya yang sudah jadi



Selesai. Jadilah sebuah karya yang kaligrafi yang siap di pamerkan atau dipasarkan. 

Demikianlah langkah langkah membuat karya kaligrafi menurut Jasim Mi'raj. Saya yakin tentu para pembaca sekalian memiliki pengalaman yang berbeda beda. Mudah mudahan ada manfaatnya. 

(Langkah Langkah Membuat Karya Kaligrafi ) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 
Thanks to:
  • https://www.youtube.com/@kwislamicarts
All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
email : subhi.link@gmail.com

<
Langkah Langkah Membuat Karya Kaligrafi 4.5 5 Subhan Hidayat Cara membuat kaligrafi Langkah langkah membuat karya kaligrafi dijelaskan oleh kaligrafer muda dari Kuwait Jasim Mi'raj melalui video yang didokumentasi...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (58) Khattat (48) Buku Kaligrafi (36) Download (27) Latihan (15) Tematik (14) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (10) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Mushaf (5) Naskhi (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Abdurraziq Salim (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Farisi (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)