Search This Blog

Membuat Kaligrafi Sendiri Secara Online

 



Ada kalanya kita menginginkan kaligrafi yang bagus, entah itu untuk nama, hiasan, logo, dan lain lain. Sayangnya kita tidak memiliki kemampuan untuk menulis kaligrafi yang kita inginkan itu. Akhirnya kita menghabiskan waktu berjam jam untuk browsing di internet. Bahkan mungkin berhari hari tanpa hasil.

Seperti kemaren, ada sekolah yang hendak mengadakan wisuda pelepasan siswa siswinya. Acaranya bertajuk Haflatut Takharruj. Mereka ingin memasang tulisan haflatut takharruj dengan kaligrafi yang besar untuk dipasang di backdrop dan undangan. Seandainya ada khattat yang bisa disuruh menulis, tentu masalah mereka beres. Mereka mencari referensi di internet dengan hasil yang tidak memuaskan.

Sekarang masalah masalah seperti itu mungkin banyak jalan keluarnya. Apalagi di zaman AI (Artificial Inteligent) seperti sekarang. Banyak aplikasi dan situs online yang memberikan layanan untuk membuat kaligrafi. Ada beberapa aplikasi di Playstore yang bisa dicoba coba. Ada juga situs situs online yang bisa dicoba. 

Misalnya situs situs yang akan saya ulas berikut ini :


1.  eMashq.com

Situs ini memberikan layanan gratis untuk membuat kaligrafi pendek dengan batas 11 huruf. Jadi kalo pengen melihat bagaimana sih nama kita kalau ditulis dengan khat Arab, atau kita ingin merancang nama musholla atau masjid, Situs ini cocok. Yang penting, tidak melebihi 11 huruf. 

Kita cukup menuliskan nama yang ingin kita buat kaligrafinya. Tentu harus berbahasa Arab. Misalnya kita ingin menulis MASJID AN-NUR. Kita tulis dengan bahasa Arab :  مسجد النور  (lihat panah sebelah kanan). Kemudian kita klik kotak Captcha nya (Saya bukan Robot). Lalu klik tombol tasbit (تثبيت ) sebagaimana ditunjukkan oleh panah sebelah kanan. Kalo ingin menghapus tulisan, klik tombol faragh (فراغ ) . 

Setelah klik tombol تثبيت , akan muncul beberapa hasil kaligrafi dalam beberapa pilihan khat. Hasil tersebut, bisa dikirim ke email, dengan syarat harus log-in dulu. Tapi kalo tidak mau login, ya ga apa apa. Cukup dilihat saja seperti apa rancangannya. Atau di Screenshot saja. 

Bila teman teman tertarik, silahkan ikuti link pada thumbnail berikut :









***


2.  KALEAM.COM

Ini adalah situs project design. Berbeda dengan eMashq, yang tidak memiliki halaman edit, situs Kaleam.com memiliki halaman edit. Kita bisa edit sesuka hati. Hanya saja situs ini berbayar. Untuk mendapatkan layanan lengkap, ada biaya yang harus dikeluarkan. 

Teman teman harus mendaftar dulu untuk mendapatkan layanan. Cukup dengan email dan nama, kamu sudah dapat free limited access (akses gratis terbatas). Anda sidah bisa merancang 1 project kaligrafi. Jenis kaligrafinya dibatasi hanya tsuluts saja .

Misalnya kita ingin merancang HAFLATUT TAKHARRUJ.  Kita tulis dalam bahasa Arab kita tulis حفلة التخرج . Kemudian kita klik Get Text. Maka akan muncul beberapa pilihan hasilnya. Hasil yang kita sukai, bisa diseret langsung ke halaman edit untuk diberi titik dan harokat. Hasilnya cukup bagus dan gagah. 



Untuk mendapatkan hasilnya, kamu harus konfirmasi email dulu. Atau, kalo cuma ingin coba coba saja, ga apa apa. Asik juga kok. Silahkan klik link berikut ini :



Demikian ulasan ala kadarnya ini, mudah mudahan bermanfaat dan dapat membantu. 

(Membuat Kaligrafi Sendiri Secara Online) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 
Thanks to:
All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.

<
Membuat Kaligrafi Sendiri Secara Online 4.5 5 Subhan Hidayat Ada kalanya kita menginginkan kaligrafi yang bagus, entah itu untuk nama, hiasan, logo, dan lain lain. Sayangnya kita tidak memiliki kemampu...


No comments:

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (38) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)