Search This Blog

Beberapa Istilah Dalam Seni Kaligrafi

 



Setiap cabang cabang ilmu, pasti memiliki istilah istilah khas yang berkaitan dengan cabang ilmu tersebut. Dalam dunia seni kaligrafi, ada istilah istilah yang khas terkait kaligrafi. Istilah tersebut kebanyakan berbahasa Turki. Karena Turki (Ottoman) adalah tempat kaligrafi dikembangkan sehingga mencapai keindahan seperti sekarang.
  
Istilah istilah tersebut, akan kita jumpai ketika membaca ulasan atas sebuah karya. Misalnya, ini masyaq milik Syauqi.... ini qit'ah milik Hamid.... itu muraqqa' karya Hasyim...itu hilyah...ini murakkab terbaik... dan seterusnya. 

Berikut ini beberapa istilah untuk diketahui : 


1.  KARALAMA ( قرة لمه )

Karalam atau muswaddah adalah coretan coretan sang kaligrafer ketika ia melatih tangannya di waktu luang. Untuk menjaga tetap terampil dan luwes ketika menulis. Biasanya menulis diatas kertas tanpa memperhatikan garis dan bidang. Dimana ada ruang kosong dia akan menulis sampai kertasnya penuh. 
Belakangan ini, banyak kaligrafer membuat karya kaligrafi dengan model karalama. Jadi bukan latihan tetapi sesuatu yang memang direncanakan untuk menjadi karya. Karalama peninggalan kaligrafer, diburu oleh kolektor dan harganya mahal. 

Berikut ini contoh karalama : 


Coretan bekas latihan (karalama) Sayyid Abdullah


Karya Kaligrafi yang dibuat menyerupai karalama oleh Usman Ozcay


2.  MASYAQ

Masyaq memiliki beberapa makna sebagaimana kami tulis pada postingan sebelumnya. Masyaq menurut istilah adalah : Contoh contoh kaligrafi yang ditulis oleh seorang guru kaligrafi untuk murid muridnya. Masyaq memiliki ukuran ukuran berupa titik pada huruf hurufnya, dan biasanya ditulis langsung dihadapan muridnya, supaya muridnya tahu cara sang guru menulis. 
Selanjutnya, para murid berlatih mengikuti masyaq tersebut. Bila ada muridnya yang berhasil meniru masyaq tersebut dengan derajat bagus, maka gurunya akan menulis kata "SAY ( سعى )" yang artinya qabul. 
Masyaq ada dua jenis : masyaq mufrodat dan masyaq murakkabat. Masyaq mufrodat biasanya diawali rabbi yassir kemudian huruf huruf tunggal. Sedangkan masyaq murakkabat, adalah tingkat lanjut, mempelajari kombinasi huruf huruf sambung kemudian dilanjutkan ungkapan ungkapan. 
Contoh Masyaq dapat dilihat di beberapa postingan kami, misalnya yang ini : Masyaq Syauqi


3.  QIT'AH / KITAA / قطعة

Adalah selembar karya kaligrafi yang ditulis oleh kaligrafer. Biasanya ditulis dalam dua jenis khat. Para kaligrafer dari Turki Usmani biasanya menggunakan khat Tsuluts dan Naskhi. Cara penulisannya sangat mudah dikenali. Kaligrafi ditulis ditengah bidang, khat tsuluts di bagian atas kemudian naskhi dibagian bawah ditulis lurus atau miring. Selanjutnya diberi garis pinggir berwarna emas. Dan bagian lainnya dihias dengan EBRU. 
Berikut dua contoh KITAA karya Haji Hamda Kamil : 





4.  MURAKKA / مرقع

Murakka' adalah kertas yang kuat. Semacam kertas karton. Dalam istilah kaligrafi, murakka' artinya kumpulan qit'ah qit'ah karya kaligrafer. Semacam ALBUM. Karya karya kaligrafi di tempelkan ke kertas keras kemudian dikumpulkan menjadi sebuah album. Biasanya karya kaligrafinya ditulis diatas kertas AHAR. Berikut ini adalah contoh murakka karya Husain Imad dalam khat Farisi (cuplikan halaman pertama)




5.  TAUQI'

Tauqi' adalah tanda tangan para kaligrafer. Tanda tangan itu, ditulis disebuat tempat dalam karya kaligrafinya. Dengan tujuan untuk menandai, bahwa itu adalah karyanya. Tanda tangan kaligrafer biasanya ditulis dengan khat ijazah. Meskipun pada masa belakangan ini, tauqi' para kaligrafer sangat bervariasi. Tauqi' biasanya diawali dengan KETEBE kemudian dicantumkan nama kaligrafer dan tahun pembuatannya. 


Contoh contoh tauqi' silahkan dilihat disini : Tanda tangan para kaligrafer


6.  KETEBE / كتبه

Adalah kata kata yang mengiringi tanda tangan (tauqi'). Kata katanya biasanya كــتــبه  (karya ini ditulis oleh). Atau menggunakan kata kata yang semaknya, yaitu حَرَّرَه ، سَوَّدَهُ ، نَمَقَهُ ، مَشَفَهَ   dan lain lain. Kemudian kadang kadang juga diberi ungkapan yang menunjukkan kehinaan si penulis dihadapan Allah. Misalnya   ... كتبه الفقير  (karya ini ditulis oleh si faqir...)




7.  HILYAH

Hilyah atau Hilyah Syarifah adalah karya khas kaligrafi yang isinya mengenai sifat sifat nabi Muhammad SAW. Para kaligrafer, selalu bercita cita untuk dapat menulis mushaf Al Qur'an dan menulis hilyah. Hafidz Usman adalah kaligrafer pertama yang menulis hilyah. 
Penulisan hilyah biasanya mencakup : 
  • Basmalah, 
  • nama Nabi Muhammad, 
  • nama Khulafaur Rasyidin, 
  • Al Qur'an Surah Al Anbiya ayat 107, 
  • kemudian sifat sifat fisik nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib. 
Karya hilyah biasanya berukuran besar. Berikut ini adalah contoh hilyah : 


 

8.  MURAKKAB

Murakkab dalam istilah kaligrafi maksudnya adalah tinta. Tinta dibuat dari campuran beberapa bahan. Makanya disebut murakkab. Para kaligrafer, tidak hanya mahir menulis, tetapi juga ahli meracik tintanya sendiri. Juga membuat kertas Ahar. Bahkan ada seorang kaligrafi yang libur menulis beberapa bulan, hanya untuk meracik tinta terbaik. Dikatakan, bahwa tinta terbaik adalah yang dibuat dari jelaga lampu minyak (disebut Habab atau Is Murekkebi). Tinta ini dianggap terbaik karena memiliki warna hitam berkilau dalam waktu yang cukup lama. 

Tinta jelaga banyak dijual online. Mungkin tinta gentur termasuk jenis ini.




9.  AHAR 

Kertas Ahar atau kertas Muqahar adalah kertas yang diperlakukan khusus dengan diberi olesan ramuan telur, kanji dan tawas. Pembuatan kertas ahar membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menghasilkan kertas terbaik. Karena itu harganya mahal. Kelebihan kertas ahar untuk menulis kaligrafi adalah, enak ditulisi, mudah dihapus, dan tulisannya bisa bertahan lama sampai berabad abad. 
Cara membuat kertas ahar atau muqahar dapat dibaca di artikel kami : Cara Membuat Kertas Muqahar

Demikian sedikit istilah istilah yang digunakan dalam dunia kaligrafi, terutama yang berasal dari madrasah Turki. 

Mudah mudahan bermanfaat !
  
=============

(Beberapa Istilah Dalam Seni Kaligrafi ) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 
  • Buku Fann Al Khat Al Arabi Madrasah Usmaniyah
All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
email : subhi.link@gmail.com<
Beberapa Istilah Dalam Seni Kaligrafi 4.5 5 Subhan Hidayat Setiap cabang cabang ilmu, pasti memiliki istilah istilah khas yang berkaitan dengan cabang ilmu tersebut. Dalam dunia seni kaligrafi, ada i...


No comments:

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (39) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Masjid (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mukhtar Alam (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)