Search This Blog

Mesin Mesin Pembuat Kaligrafi

 



Mesin CNC  vs Tangan Kaligrafer

Seni kaligrafi adalah ungkapan keindahan melalui rangkaian huruf huruf dan kalimat kalimat, yang diwujudkan oleh seorang penulis kaligrafi. Ungkapan keindahan tersebut, sepenuhnya bersumber dari perasaan seni, emosi dan kecintaan yang berada dalam jiwa sang kaligrafer yang ia tuangkan dalam karya karya kaligrafinya. Maka hanya seniman senimanlah yang mampu menciptakan karya karya abadi nan indah, yang memiliki nilai seni tinggi. Karya seperti ini tidak akan digantikan oleh mesin secanggih apapun atau software sehandal apapun. 

Meski begitu, manusia tidak mungkin juga menolak kehadiran mesin mesin canggih yang diciptakan untuk membantu pembuatan kaligrafi. Kebutuhan akan produksi massal, pembuatan kaligrafi skala besar, atau proyek proyek rumit yang membutuhkan kecepatan waktu, membuat para insinyur insinyur mesin merancang mesin mesin yang memiliki kemampuan meniru karya para kaligrafer dengan akurat. Sebagaimana yang ditunjukkan oleh video berikut ini : 



Mesin CNC

Seperti dilihat dalam video tersebut, mesin mesin itu membuat kaligrafi dengan sangat akurat, dengan gerakan gerakan yang sudah diprogram. Mesinnya adalah sejenis mesin CNC. Apa yang dilakukan oleh mesin CNC itu hanyalah menjalankan perintah dari komputer yang sudah diprogramkan untuk membuat karya karya tertentu. Sedangkan sumber karya karyanya, tentu saja tetap mengandalkan hasil karya para kaligrafer. Mesin mesin itu tidak mungkin berkarya sendiri. Demikian juga programmernya. Kecuali bila programmernya adalah seorang khattat.


Mesin CNC (Computer Numeric Control) adalah mesin mesin yang menjalankan perintah komputer secara otomatis. Komputer komputer tersebut sudah diprogram dengan memasukkan kode kode dan angka angka untuk menghasilkan keakuratan dan presisi tinggi. Pekerjaan yang diprogramkan bisa meliputi apa saja, seperti pelubangan, pemahatan, pemotongan, pengamplasan, pengecatan, dan lain lain. Mesin CNC tinggal melaksanakannya. Contoh mesin CNC yang paling sering anda gunakan saat ini mungkin adalah mesin Cutting Sticker. Tukang tukang cetak sablon sticker biasanya punya mesin ini. 

Kamu tidak perlu kuatir terhadap keakuratan kerja mesin ini. Semua mesin CNC telah dirancang untuk memenuhi standar presisi dan akurasi sangat tinggi. Bahkan sampai saat ini, hasil kerja mesin CNC ini adalah yang paling akurat. Kamu juga tidak perlu terlalu sering mengontrol mesin CNC. Ia bekerja otomatis, bahkan ketika selesai, kamu tidak perlu mengambil hasil kerjanya. Karena dia sendiri yang akan menyingkirkannya, kemudian mengambil pekerjaan baru lagi sampai selesai. Dengan demikian, produksi massal tidak menjadi masalah lagi.

CNC Machine
Sampah hasil pahatan mesti terus dibersihkan agar tidak merusak karya

Mesin CNC
Beraksi membuat karya


Mesin Kaligrafi
Mesin CNC berkerja membuat potongan potongan ornamen.
Operator sibuk membersihkan kotorannya dengan blower 

Automated Calligraphy Machine
Mesin CNC sedang memahat kaligrafi Qul Huwallahu Ahad

Salah satu mesin CNC yang saat ini yang digunakan untuk membuat kaligrafi adalah CNC Machine Assiut yang dirancang oleh para insinyur dari Mesir. Mereka mengklaim bahwa seluruh rancangan dari A sampai Z dikerjakan oleh mereka termasuk pembuatan software, design dan komponen elektroniknya. Semua pekerjaan pembuatan mesin ini dikerjakan di Fakultas Mesin Universitas Assiut (جامعة أسيوط) Mesir.

Dengan mesin ini, tentu pemiliknya bisa berproduksi besar besaran dan meraup untung sebesar besarnya. Tinggal bagaimana melindungi hak hak cipta intelektual para kaligrafernya. Karya karya para kaligrafer harus dihargai lebih, dan tidak boleh di comot semaunya untuk keuntungan pribadi.

Tertarik memilikinya...? Coba kunjungi halaman facebook CNC Machine Assiut untuk informasinya.



<
Mesin Mesin Pembuat Kaligrafi 4.5 5 Subhan Hidayat Mesin Kaligrafi, Software kaligrafi, Kaligrafi otomatis. Mesin CNC  vs Tangan Kaligrafer Seni kaligrafi adalah ungkapan keindahan melalui rangkaian huruf huruf dan kalimat kalimat, yang diw...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)