Search This Blog

Amati Kaligrafi Surah Al Fatihah Ini, Apakah Kamu Bisa Menemukan Kejanggalannya?

 


Penulisan Kaligrafi Surah Al Fatihah dari masa kemasa terus berkembang sehingga mencapai bentuknya yang sekarang ini. Ia sangat indah. Terutama yang ditulis dengan khat tsuluts. Misalnya kaligrafi Surah Al Fatihah diatas, sangat terkenal dan sering kamu lihat. Tapi coba perhatikan lagi baik baik tulisan itu. Ada sesuatu yang janggal, apakah kamu bisa menemukannya?

Surah Al-Fatihah, disebut juga Ummul Qur an (induk al Quran) dan as-sab'ul masani (tujuh ayat yang diulang ulang). Surat ini istimewa. Kandungan maknanya sangat dalam. Makna semisal ini tidak diturunkan pada kitab Taurat dan Injil. Ia menjadi surah yang paling sering dibaca oleh ummat Islam.
Dalam bidang kaligrafi, surah ini juga istimewa. Para kaligrafer menjadikan surah ini sebagai pokok keahlian mereka berkaligrafi. Menulis surah al fatihah, seolah-olah wajib bagi mereka. Terutama ayat pertama dari surah ini, yaitu bismillahirrahmanirrahim.



Ada satu bentuk karya Kaligrafi Surah Al Fatihah dalam khat tsuluts yang sangat Indah, dan dijadikan ikutan secara turun temurun. Bentuk ini juga dijadikan standar kemampuan para kaligrafer. Dikisahkan, Kaligrafer besar Turki Hamid al Amidi berjuang selama enam bulan untuk meniru Kaligrafi Al Fatihah ini.

Bentuk kaligrafi Al Fatihah yang dimaksud adalah karya Mahmud Jalaluddin Ad Dagestani, seorang kaligrafer kuno. Karyanya ini iditiru terus secara turun temurun sampai hari ini. 

Perhatikan karya karyanya berikuti ini : 


Ini adalah tiga kaligrafi Al Fatihah karya Mahmud Jalaluddin Ad-Dagestani (1140 H - 1245 H). Gambar yang anda lihat tidak begitu bagus resolusinya. Hanya itulah yang berhasil saya dapatkan. Tapi coba kita perhatikan sebentar. Kaligrafi paling kanan, dan yang tengah memiliki bentuk yang hampir sama dalam bentuk basmalahnya, jumlah barisnya, dan pemotongan ayatnya.

Tetapi kaligrafi sebelah kanan, berbeda dengan dua saudaranya ini. Mungkin anda akan menemukan perbedaannya didalam penulisan basmalahnya. Juga dalam pembagian jumlah barisnya. Tapi yang paling aneh, yang mungkin luput dari perhatian anda, adalah penulisan kata (غير )  yang diulang sebanyak dua kali. Mari Perhatikan lebih dekat :



Ini adalah sebuah kejanggalan yang dapat diterima dari sudut pandang seni. Tetapi dari sudut syariat Islam, tentu bermasalah. Karena seakan akan ada penambahan, dan penyusupan dalam ayat suci Al-Qur'an. Dalam pandangan ilmu bahasa juga bermasalah karena merusak makna. Karena pengulangan kata peniadaan (nafi) sebanyak dua kali akan menghasilkan arti "ada" ( itsbat ).

Selanjutnya, datanglah kaligrafer Mustafa Raqim (1171 - 1241). Ia meniru tulisan Mahmud Jalaluddin itu dengan bentuk yang sama persis. Hanya saja Raqim telah menyempurnakan bentuk bentuk hurufnya, sehingga karyanya lebih indah dari pendahulunya itu. Hanya saja, Raqim tetap mengulangi kesalahan yang sama yaitu menulis dua kali kata غير . Perhatikan dibawah ini :


Tulisan Raqim sangat indah. Raqim selamanya akan menjadi master kaligrafi panutan para kaligrafer yang datang belakangan. Banyak kaligrafer yang berlatih dengan meniru tulisan Raqim. Diantaranya adalah kaligrafer yang juga bernama Raqim yaitu Ahmad Raqim murid dari Muhammad Hasyim, murid dari Musthofa Raqim. Ia meniru tulisan Musthafa raqim dengan tetap membiarkan pengulangan kata غير . Perhatikan gambarnya berikut ini :


Kemudian datanglah Musthafa Izzat, ia menulis Al Fatihah meniru Musthafa Raqim. Hanya saja kali ini Izzat tidak membiarkan pengulangan kata غير .  Ia membuangnya. 


Setelah Izzat, datanglah Hafidz Wahdati meniru tulisan Raqim, dengan mengulangi kata غير . kesalahan itu kembali dipelihara.


Akhirnya pamungkas, datanglah Hamid Al Amidi, ia meniru tulisan Raqim dengan persis. Hanya saja ia membuang pengulangan غير . Karya Hamid ini dianggap yang terbaik. Bahkan Hamid sendiri menganggap kaligrafi Al-Fatihah tulisannya ini adalah karyanya yang paling indah seumur hidupnya.

Al Fatihah
Al Fatihah Hamid Al Amidi
Meniru Tulisan Raqim. Sampai tanda tangannya juga ditiru


Wallahu A'lam. Semoga bermanfaat.<
Amati Kaligrafi Surah Al Fatihah Ini, Apakah Kamu Bisa Menemukan Kejanggalannya? 4.5 5 Subhan Hidayat Penulisan Kaligrafi Surah Al Fatihah dari masa kemasa terus berkembang sehingga mencapai bentuknya yang sekarang ini. Ia sangat indah. Te...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)