Cari Artikel

Mehmed Rasim Efendi : Permata Kaligrafi di Era Tulip

 


Mehmed Rasim Efendi

Nama Mehmed Rasim Efendi tak asing lagi bagi pencinta seni kaligrafi Islam. Lahir di distrik Eğrikapı, Istanbul. Karena itu ia biasa menambahkan Eğrikapılı didepan namanya. Bakatnya dalam seni tulis indah ini telah membawanya meraih puncak kejayaan di era Kesultanan Utsmani. 

Warisan Seni dari Sang Ayah


Ketertarikan Mehmed Rasim pada kaligrafi tak lepas dari pengaruh sang ayah, Yusuf Efendi, seorang imam sekaligus kaligrafer ulung. Sejak kecil, ia dididik secara intensif oleh ayahnya dan kemudian melanjutkan studinya di bawah bimbingan kaligrafer istana, Seyyid 'Abdullah Efendi dari Yedikule. Pada usia yang sangat muda, Mehmed Rasim telah menunjukkan bakat luar biasa dan pada tahun 1705, ia resmi menyandang gelar seorang kaligrafer.

Maestro Kaligrafi di Era Tulip


Mehmed Rasim memperoleh reputasi atas karyanya dan menjadi kaligrafer istana utama pada periode Tulip selama pemerintahan Sultan Ahmed III . Ia diangkat sebagai guru kaligrafi di istana Galata pada tahun 1714 dan kemudian di Istana Topkapi pada tahun 1737. Keahlian Mehmed Rasim dalam mengolah huruf dan komposisi tulisan membuatnya semakin dikenal dan diakui. Posisi ini membawanya pada kesempatan untuk berkarya di berbagai proyek penting istana, seperti menyalin Al-Quran dan membuat prasasti-prasasti indah. 
Era Tulip adalah periode di mana keindahan bunga tulip menjadi cerminan dari kemewahan dan perubahan sosial di Kesultanan Utsmaniyah. Periode ini juga ditandai dengan kebangkitan minat pada seni dan budaya. Terdapat perkembangan dalam arsitektur, seni rupa, dan sastra. Periode ini berlangsung dari sekitar tahun 1718 hingga 1730. Era Tulip berakhir dengan terjadinya pemberontakan Patrona Halil pada tahun 1730. Pemberontakan ini disebabkan oleh ketidakpuasan rakyat terhadap gaya pemerintah yang hidup mewah dan tidak memperhatikan kebutuhan rakyat.


Lebih dari Sekadar Kaligrafer


Mehmed Rasim bukan hanya seorang kaligrafer ulung. Ia juga seorang ahli EBRU. Selain itu ia juga seorang sarjana yang menguasai berbagai bidang ilmu. Ia fasih berbahasa Arab, Persia, dan Turki, serta memiliki pengetahuan mendalam tentang sastra dan filsafat. Selain itu, ia juga seorang penyair berbakat yang karyanya seringkali menghiasi manuskrip kaligrafinya.

Warisan yang Abadi


Mehmed Rasim Efendi telah menyalin lebih dari 60 manuskrip Al- Quran serta membuat banyak prasasti, termasuk di air mancur Saliha Sultan di Azap Kapi di Konstantinopel. Ia menulis berbagai macam muraqqa dan qit'ah dalam enam jenis tulisan, termasuk Dalail (kitab dalail khairat), Awrad (wirid wirid), dan wakfiyah (dokumen wakaf).  Meskipun telah berpuluh-puluh tahun berlalu, karya-karya Mehmed Rasim masih terus menginspirasi generasi penerus. Tulisan tangannya yang indah dan penuh karakter menjadi ciri khas tersendiri dalam dunia kaligrafi Islam. Warisannya tidak hanya berupa karya-karya seni yang menakjubkan, tetapi juga semangat untuk terus melestarikan keindahan seni tulis yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Berikut ini beberapa karyanya : 

Karya Muhammad Rasim dengan hiasan EBRU
Petikan hadis nabi : 
بِحَسَبِ امْرِئٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يُشَارَ إِلَيْهِ
"Cukuplah keburukan bagi seseorang dengan ditunjuk dengan jari (sekedar mencari perhatian) dalam masalah agama atau dunia kecuali orang yang di jaga oleh Allah."





===============================
(Mehmed Rasim Efendi : Permata Kaligrafi di Era Tulip) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 
All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
email : subhi.link@gmail.com
Mehmed Rasim Efendi : Permata Kaligrafi di Era Tulip 4.5 5 Subhan Hidayat Mehmed Rasim Efendi Nama Mehmed Rasim Efendi tak asing lagi bagi pencinta seni kaligrafi Islam. Lahir di distrik Eğrikapı, Istanbul. Karena ...


Arsip Blog

Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Label

video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts artikel Cara Pena Kaligrafi Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen ASMAUL HUSNA Diwani Jali KHATTAT MESIR Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Syauqi Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Masyaq Ramadhan Sami Afandi Syakal Abbas Akhawain Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi basmalah hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Allah Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Iran Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software