Search This Blog

Mencoba Pena Dollar Untuk Kaligrafi (Review)

 


Pena Kaligrafi Apa Yang Kamu Punya ?

Banyak pertanyaan kepada saya, apa pena kaligrafi yang bagus. Pertanyaan seperti ini agak sulit menjawabnya, karena saya jarang coba coba untuk pena besi. Saya masih setia dengan pena Hover dengan satu alasan saja : MURAH.

Kemudian saya akhirnya tergerak juga untuk cari cari alternatif. Maka saya cari cari di Bukalapak ternyata ketemu Pena Dollar ini. Dengan harga yang sama murahnya dengan Hover.

Maka, kali ini blog Kaligrafi Islam akan mencoba membagikan pengalaman menggunakan Pena  Dollar yang berasal dari Pakistan.

Awalnya hanya iseng melihat lihat lapak yang jualan pena pena kaligrafi. Siapa tau dapat pena yang bagus dan murah. Saya ketik kata kunci 'pena kaligrafi' di Bukalapak. Ternyata yang muncul dan mendominasi adalah Pena Dollar ini. Harganya murah. Karena tertarik, akhirnya saya memutuskan untuk beli dua buah. Sekalian beli tintanya, mereknya Dollar juga. 

Tiga hari kemudian, pena saya sampai. Setelah unboxing, saya agak kecewa. Ternyata Pena Dollar ini sudah dipotong. Potongan pabrikan. Bentuk potongannya horizontal lurus. Saya bisa memastikan pena ini tidak bisa digunakan menulis kaligrafi Arab.

Meski demikian, saya tetap mengisikan  tinta kedalamnya. Kemudian mencoba menulis kaligrafi Arab. Benar dugaan saya, ternyata tidak bisa. Tarikannya kasar dan tinta ogah keluar. Ketika saya coba menulis kaligrafi latin, ternyata lancar jaya dan bagus.

Ternyata Pena merek Dollar ini memang di design untuk kaligrafi latin. Ini yang harus difahami oleh pembeli supaya tidak marah marah pada pelapak. Pena dengan potongan rata, tidak bisa digunakan untuk kaligrafi Arab.

Tujuan saya beli pena ini untuk menulis kaligrafi Arab. Pena untuk kaligrafi Arab harus miring. Maka pena Dollar tadi terpaksa saya permak supaya bisa menulis Arab. Saya gosok dengan ampelas dengan posisi miring. Setelah melakukan sekian usaha penggosokan, akhirnya pena dollar bisa dibuat menulis kaligrafi Arab.

Membandingkan Pena Hover Dan Pena Dollar



Untuk menulis kaligrafi naskah (untuk tulisan tulisan kaligrafi dibuku, ijazah, dan lain lain) saya telah lama menggunakan pena Hover. Pena ini banyak tersedia dan sudah saya kuasai cara memotongnya. Saya bandingkan dengan pena Dollar yang baru saya miliki. Ternyata pena Dollar memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Dapat saya ringkaskan kelebihan dan kekurangan pena dollar sebagai berikut :

Kelebihan :
  • Menampung lebih banyak tinta. Kontainer tintanya transparant 
  • Tinta lancar sampai habis, no macet macet. Ini berbeda dengan pena Hover yang mesti sering sering dilap dan direndam air hangat.
  • Pena Dollar agak gemuk, sehingga nyaman dipegang

Kekurangannya :
  • Untuk mengisi tinta, agak repot karena harus memakai dua tangan. Bandingkan dengan pena Hover yang cukup menggunakan satu tangan. 
  • Untuk edisi pabrik, hanya bisa untuk menulis kaligrafi latin.
  • Bila ingin digunakan untuk kaligrafi Arab, harus digosok lagi dengan ampelas.
Secara umum, saya nilai Pena Dollar lebih baik daripada Pena Hover

Cara Mengisi Tintanya :


Pada umumnya, pena fountain seperti Hover atau Pilot, memiliki pompa untuk mengisi tinta. Tinggal dipencet pencet dengan satu tangan. Pena akan masuk kedalamnya. Tetapi untuk pena Dollar, caranya agak sedikit ribet. Mesti dilakukan dengan dua tangan. Yang satu memegangi pena, tangan yang satu lagi memutar tombol tintanya.

Cara mengisi pena Dollar adalah sebagai berikut :
  • Buka pantat pena (maaf menggunakan istilah pantat) dengan cara memutarnya sampai copot. Disitu akan kamu lihat ada tombol yang bisa diputar
  • Celupkan bagian kepala (ujung) pena ke botol tinta.
  • Putar bagian tombol yang ada di pantat penanya, biarkan sesaat sampai tinta terisi penuh
  • Ada bagian transparan untuk melihat apakah tinta sudah masuk atau belum
  • Tutup kembali, kemudian cobalah menulis.

Meskipun ribet, cara mengisi tinta pada pena Dollar, lebih bersih. Pada pena fountain umumnya (misalnya hover) yang dalam pengisiannya dilakukan dengan menekan pompa berulang ulang, seringkali, udara yang ada didalam pena menghalangi tinta masuk. Sehingga pena tidak turun ke bagian karet transparan yang ada didalamnya. Kemudian, ketika kita terlalu keras menekan karet pompanya, maka tinta akan muncrat karena udara yang ada didalamnya keluar.

Mengasah Pena Dollar Untuk Kaligrafi Arab


Seperti yang telah saya sampaikan, pena dollar ini sudah dipotong pabrik. Sayangnya potongannya ini potongan kaligrafi latin. Hanya enak dibuat menulis kaligrafi latin. Untuk menulis kaligrafi Arab, terasa kasar bahkan tinta tidak keluar.

Bila kamu ingin menggunakannya untuk menulis kaligrafi Arab, kamu mesti melakukan beberapa hal berikut :
  • Isi dulu dengan tinta
  • Siapkan amplas besi kasar
  • Pegang pena dengan posisi agak miring sedikit (karena potongan pabriknya rata horizontal) 
  • Menulislah diatas amplas pelan pelan dengan mengambang saja. Jangan ditekan.
  • Tulislah beberapa huruf seperti alif, wawu, shad, dan seterusnya. Cobalah menulis basmalah diatas amplas itu
  • Mula mula tinta tidak keluar. Tapi lama lama akan keluar. Cobalah menulis kaligrafi Arab diatas kertas. 
Mudah mudahan berhasil. Mohon maaf tidak ada video atau gambar untuk memperjelasnya.


(Mencoba Pena Dollar Untuk Kaligrafi (Review) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.

All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.<
Mencoba Pena Dollar Untuk Kaligrafi (Review) 4.5 5 Subhan Hidayat pena besi, pena dollar, pulpen kaligrafi Pena Kaligrafi Apa Yang Kamu Punya ? Banyak pertanyaan kepada saya, apa pena kaligrafi yang bagus. Pertanyaan seperti ini agak sulit m...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)