Cari Artikel

Rasul Muradi - Menghidupkan Kembali Seni Kaligrafi Persia dalam Sentuhan Modern

 


Blog Kaligrafi Islam, di awal awal kelahirannya pada tahun 2011, telah menuliskan artikel mengenai Kaligrafer Rasul Muradi. Namun, artikel yang ditulis hanya sekedarnya saja. Tidak cukup memberikan hak bagi kebesaran kaligrafer ini. Rasul Muradi adalah salah satu Ustadz Kaligrafi Farisi yang produktif dan karyanya sangat indah.

Rasul Muradi : Kaligrafer Terkemuka dari Iran


Rasul Muradi, seorang seniman kaligrafi kelahiran 1334 H. / 1955 M di kota Mashhad, Iran. Ia adalah salah satu kaligrafer terkenal yang telah menorehkan namanya dalam dunia seni kaligrafi internasional. Keahliannya dalam kaligrafi, khususnya gaya Nastaliq dan Nastaliq Jali, telah mendapat pengakuan luas dari berbagai pameran dan kompetisi seni.

Rasul Muradi belajar kaligrafi di bawah bimbingan para maestro kaligrafi seperti Ustad Mustafa Mehdi Zadeh dan Ustad Ghulam Hossein Amirkhani. Pelatihannya berlangsung selama bertahun-tahun hingga ia mencapai tingkat keahlian tinggi yang diakui di dunia kaligrafi Islam.

Karir dan Pencapaian


Sejak terjun ke dunia kaligrafi, karya-karya Rasul Muradi telah dipamerkan di lebih dari 40 pameran individu dan kelompok di kota-kota besar seperti Mashhad, Teheran, Dubai (UEA), Turki, India, hingga Rabat (Maroko). Kehadirannya dalam pameran-pameran ini menunjukkan betapa besar pengaruhnya di dunia kaligrafi dan betapa luasnya jangkauan penggemar seni kaligrafi dari Timur Tengah hingga Asia Selatan dan Eropa.

Tidak hanya aktif dalam pameran, Muradi juga memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di tingkat internasional. Di antaranya adalah empat penghargaan dari kompetisi internasional yang diselenggarakan di Istanbul, Turki (IRCICA). Pada tahun 1998, ia berhasil meraih penghargaan untuk karya kaligrafi dalam gaya kitabah dan Nastaliq. Pada tahun 2001, ia kembali memenangkan penghargaan untuk kategori Nastaliq Jali dan Nastaliq.

Gaya Kaligrafi yang Dikuasai


Rasul Muradi dikenal terutama karena keahliannya dalam gaya Nastaliq, salah satu bentuk kaligrafi Persia yang sangat dihormati. Nastaliq sering digunakan dalam penulisan sastra Persia klasik dan memiliki karakteristik huruf yang halus dan mengalir, yang menuntut keahlian tinggi untuk menghasilkan komposisi yang seimbang dan indah. Selain Nastaliq, Muradi juga menguasai gaya Nastaliq Jali, yang merupakan versi lebih besar dan lebih dekoratif dari Nastaliq.

Rasul Muradi adalah contoh dari seorang seniman yang tak hanya mahir dalam keterampilan teknis, tetapi juga memiliki visi untuk memperluas seni kaligrafi ke ranah global. Dengan berbagai penghargaan internasional dan partisipasi di banyak pameran prestisius, Rasul Muradi telah menorehkan namanya sebagai salah satu maestro kaligrafi terbesar dari Iran.

Menghidupkan Kembali Seni Kaligrafi Persia dalam Sentuhan Modern


Muradi sering menampilkan karyanya di pameran internasional, terutama di galeri yang fokus menyoroti seni kaligrafi Iran yang menggabungkan kaligrafi klasik dengan estetika seni modern. Dalam karyanya, Muradi memadukan kecantikan visual huruf dengan makna spiritual dan puisi, menghadirkan karya yang tak hanya indah secara teknis, tetapi juga sarat makna. 

Sementara dia tetap setia pada presisi teknis yang diperlukan dalam kaligrafi tradisional, Muradi menambahkan sentuhan modern seperti elemen abstraksi atau palet warna baru yang memberikan nuansa kontemporer pada karyanya. Ia juga menciptakan efek gradasi dengan memberikan tekanan yang berbeda pada sapuan penanya..

Dengan kemampuannya untuk memadukan teknik tradisional dengan ekspresi seni modern, Muradi menjadi bagian dari gerakan besar kaligrafi kontemporer Iran yang berusaha menghidupkan kembali dan mengembangkan seni ini lebih jauh​

Karya karyanya lebih banyak ditulis dalam bahasa Persia, sebagai bahasa asal sang kaligrafer. Namun ia juga banyak menulis teks teks agama Islam yang berbahasa Arab, seperti Al Qur'an, Hadis, dan Maulid. 


Berikut ini saya kumpulkan karya karyanya yang berbahasa Arab :



Yaa Ali
Yaa Ali (Wahai Ali) diulang ulang beberapa kali 



An Nisa' ayat 63
وَقُل لَّهُمْ فِي أَنفُسِهِمْ قَوْلًا بَلِيغًا 


Surah Al Fatihah





Pujian Kepada Nabi
بَلَغَ الْعُـلَا بِكَمَالِـهِ، كَــشَفَ الــدُّجَي بِجَمَالِهِ  #  حَسُـنَتْ جَمِـيْعُ خِصَالِهِ، صَـلُّوا عَلَيْهِ وَآلـِهِ
Syair pujian kepada Nabi Muhammad ini hasil gubahan penyair Persia Sa'di As Syirazi, dalam bukunya yang terkenal yang berbahasa persia berjudul Kalistan . Syair ini kemudian banyak diambil oleh para penyair lain untuk ditambahkan kedalam karya mereka





Al Qalam ayat 51
وَإِن يَكَادُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَيُزْلِقُونَكَ بِأَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُولُونَ إِنَّهُ لَمَجْنُونٌ (51)



Surah al Fatihah




An Nahl 125
ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ




Al Isra' ayat 65
إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ ۚ وَكَفَىٰ بِرَبِّكَ وَكِيلًا (65)

Semoga bermanfaat

===============================
(Rasul Muradi - Menghidupkan Kembali Seni Kaligrafi Persia dalam Sentuhan Modern) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 

All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
email : subhi.link@gmail.com
Rasul Muradi - Menghidupkan Kembali Seni Kaligrafi Persia dalam Sentuhan Modern 4.5 5 Subhan Hidayat Blog Kaligrafi Islam, di awal awal kelahirannya pada tahun 2011, telah menuliskan artikel mengenai Kaligrafer Rasul Muradi. Namun, artikel y...


Arsip Blog

Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Label

video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts Cara Pena Kaligrafi artikel Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani KHATTAT MESIR Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen Syauqi ASMAUL HUSNA Diwani Jali Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Masyaq Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Iran Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Ramadhan Sami Afandi Syakal basmalah Abbas Akhawain Allah Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Kreatif Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Musanna Al Ubaidy Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Ruqyah Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software