Search This Blog

Keluarga Kaligrafer : Ozcay Bersaudara

 

Kakak beradik Ozcay dari Turki menjadi master kaligrafi internasional.

Tak banyak keluarga yang mayoritas personilnya bergelut dibidang kaligrafi. Kakak beradik Muhammad Ozcay, Usman Ozcay, dan Fatma Ozcay, adalah contoh dari kakak beradik yang semuanya menekuni bidang kaligrafi. Bukan sekedar menekuni sebagai hobi saja. Tetapi mereka berprestasi, dan karya karyanya di simpan di Musium seni. Mereka adalah master master kaligrafi, dan masing masing memiliki ciri khas sendiri sendiri. Karya karya dan riwayat hidup mereka dapat dibaca di situs resmi mereka OZCAY.COM.

Muhammad Ozcay sang kakak tertua, memiliki ciri khas menulis dengan tinta encer, sehingga karyanya seperti memiliki efek  transparant dan seperti arsiran (ia menyebutnya karalama), memperlihatkan alur goresan goresannya yang mantap, seperti contoh kaligrafinya dibawah ini :




Sang adik, Usman Ozcay lebih suka pendekatan klasik pada karya karyanya, meskipun ia juga mengikuti tekhnik menulis sang kakak. Contoh karyanya adalah sebagai berikut :




Sedangkan sang adik wanita, Fatma Ozcay, adalah ahli iluminasi dan dekorasi. Ia tidak membuat karya kaligrafi, tetapi ia membuatkan semua iluminasi dan dekorasi bagi karya kedua kakaknya. Berikut ini salah satu karyanya :



****************


Muhammad Ozcay (Mehmet Ozçay)



Mehmet Ozçay lahir pada tahun 1961 di distrik Çaykara Provinsi Trabzon Turki. Dia belajar kaligrafi naskhi dan tsuluts pada kaligrafer Fuad Basar pada tahun 1982 dan mendapatkan ijazah darinya.

Muhammad Ozcay berpartisipasi dalam lomba kaligrafi yang diselenggarakan oleh IRCICA sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1986 dan tahun 1989. Ia memenangkan 6 penghargaan dalam berbagai kategori, terutama juara pertama dalam naskh dan tsuluts.

Karya karyanya berjumlah ratusan, dan telah dipilih dan dibukukan dalam dua buah album, pertama berjudul  Nur-U-Aini yang kedua berbahasa Inggris : Spoken by the hand, heard by the eye. 

Saat ini Muhammad Ozçay lebih banyak aktif berkarya dan menjadi juri kaligrafi, serta mengikuti berbagai eksibisi internasional.


Berikut ini beberapa karyanya :





********

Usman Ozçay


Seperti sang kakak, Usman Ozçay lahir di distrik Çaykara Provinsi Trabzon Turki pada tahun 1963. Dia juga menempuh pendidikan sama dengan kakaknya.

Semula ia tidak terlalu tertarik pada seni kaligrafi Islam, sampai ia menyaksikan sang kakak belajar kaligrafi naskhi dan tsuluts pada kaligrafer Fuad Basar pada tahun 1982, iapun tertarik untuk mempelajarinya. Iapun mendapat ijazah dalam bidang kaligrafi naskhi dan tsuluts.

Ketika ia berkunjung ke Istambul, ia berjumpa dengan Mr. Derman yang memberinya sebuah salinan karya karya tsuluts jaly karya Sami Efendi. Karya karya Sami inilah yang kemudian dipelajarinya dan dijadikan pedoman dalam menulis kaligrafi terutama tsuluts jaly.


Seperti sang kakak, ia juga mengikuti perlombaan yang diadakan IRCICA, dan berhasil meraih 5 penghargaan antara lain juara 2 dan juara 3. Baru pada lomba kaligrafi internasional di Kuwait pada tahun 1997 ia meraih juara 1.

Saat ini, ia bersama kakaknya aktif melakukan berbagai pameran dan eksibisi. Karya karyanya dalam tsuluts, tsuluts jaly, dan muhaqqaq menggunakan pendekatan klasik sebagaimana yang dilakukan kaligrafer kaligrafer pendahulunya. Ia banyak menghasilkan karya kaligrafi tsuluts berpantulan (mutanadzir). Berikut ini adalah beberapa karya Usman Ozçay :


Komposisi Wawu











Fatma Ozçay

Anggota termuda dari kakak beradik Ozçay. Fatma Ozçay lahir di kota Gerede Provinsi Bolu Turki pada tahun 1970. Pada tahun 1986 ia turut serta bersama keluarganya pindah ke kota Istambul Turki. 

Pada tahun 1987, kedua kakaknya mendorong dia untuk menekuni seni iluminasi dan dekorasi. Fatma Ozçay didaftarkan masuk ke kelas iluminasi pada sekolah seni Kubbealti Culture And Art Foundation, dimana ia dididik langsung oleh prof. Fatma Çicek Derman. 

Fatma maju pesat dalam mempelajari iluminasi berkat bakat yang diberikan kepadanya. Ia memiliki kemampuan lebih dalam mengontrol sapuan kuas, sehingga menghasilkan goresan berpresisi tinggi. Ia mempelajari iluminasi gaya kuno yang berkembang pada abad ke 16 . Kemudian ia mereka ulang gaya tersebut untuk disesuaikan dengan seni kontemporer. 

Hasil karya illuminasinya dapat dilihat pada setiap panel karya karya kaligrafi kedua kakaknya. Ia adalah bagian tak terpisah dari keluarga kaligrafer ini. Karena itulah ia selalu ikut dalam pameran pameran yang diikuti oleh Muhammad maupun Usman Ozçay.  Berikut ini beberapa hasil kerjanya : 





Semua informasi tentang Ozçay bersaudara ini dapat anda baca pada situs resmi mereka ozcay.com. 

Berikutnya, mengenai kaligrafi muda dari Iraq : Ahmad Faris Al-Umari

Semoga bermanfaat. !!

<
Keluarga Kaligrafer : Ozcay Bersaudara 4.5 5 Subhan Hidayat Ozcay, Gambar Kaligrafi, Dekorasi Kakak beradik Ozcay dari Turki menjadi master kaligrafi internasional. Tak banyak keluarga yang mayoritas personilnya bergelut dibidang...


No comments:

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (37) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Tematik (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)