Cari Artikel

Cara Menulis Basmalah Naskhi Standar

 

Cara menulis basmalah (bismillahirrahmanirrahim) yang baik dan benar, sebenarnya telah diisyaratkan oleh Rasulullah dalam beberapa hadisnya. Hadis hadis tersebut, meskipun tidak berderajat sohih, namun tidak mengapa untuk dipegangi. Memuliakan nama Allah dengan menuliskannya sebagus bagusnya tentu merupakan sebuah pekerjaan baik.

Rasulullah bersabda kepada Muáwiyah  :
 يَا مُعَاوِيَةُ أَلِقِ الدَّوَاةَ وَحَرِّفِ القَلَمَ وَانْصِبِ البَاءَ وَفَرِّقِ السِّيْنَ وَلا تُقَوِّرِ المِيْمَ وَحَسِّنِ اللهَ وَمُدَّ الرَّحمَنَ وَجَوِّدِ الرَّحِيمَ
Yang dimaksud dengan sabda beliau  ألق الدواة  adalah hendaklah wadah tinta diberi isi kain atau kapas sebelum dituangi tinta. Tujuannya agar pena tidak menyentuh dasar wadah, dan pengambilan tinta dapat dikontrol.

Yang dimaksud حرف القلم  adalah miringkanlah potongan pena, sebagaimana yang kita lihat pada pulpen pulpen kaligrafi Arab.

Yang dimaksud وانصب الباء pada hadis itu adalah hendaklah kepala ba' didirikan lebih tinggi dari gigi siin, agar dapat dibedakan mana baa' dan mana siin.

Yang dimaksud ولا تقور الميم adalah, jangan kau lubangi kepala mim, melainkan penuhkanlah kepala mim itu.

Yang dimaksud وحسن الله baguskan penulisan lafadz Allah.

Yang dimaksud ومد الرحمن  adalah, Panjangkanlah kata Ar-Rahman. Tidak pasti bagian mana yang harus dipanjangkan. Namun, kebiasaan para kaligrafer adalah memanjangkan huruf nun-nya.

Yang dimaksud وجود الرحيم  adalah, Baguskan penulisan Ar-Rahim.

Maka kemudian penulisan basmalah secara perlahan menemukan bentuknya yang seperti sekarang, yang dianggap sebagai Basmalah (bismilah) naskhi standar.

Penulisan Basmalah (bismillahirrahmanirrahim) untuk jenis tulisan naskhi standard adalah sebagai berikut :

Bentuk pertama adalah memanjangkan huruf yang akan disambung dengan mim sebagaimana gambar berikut :






"basmalah karya Mutsanna Al- Ubaidi"


Basmalah Naskhi karya Syauqi Afandi

Karya Ahmad Faris Umari  


Tulisan basmalah naskhi standar yang kedua adalah versi yang lebih pendek, dimana huruf sin tidak dipanjangkan. :

alkatat.org


Basmalah Naskh tulisan Muhammad Ozcay

Dari semua tulisan basmalah ini, para kaligrafer lebih senang memberikan lubang pada huruf mimnya (yuqawwir), kecuali untuk mim yang berekor ke bawah.

(catatan kami : untuk mempelajari kaligrafi jenis apapun baik naskh, tsuluts, farisi, diwani, dll, usahakanlah mempelajari terlebih dahulu penulisan basmalahnya).

Berikut ini beberapa video contoh penulisan basmalah naskhi dalam berbagai versinya :








Kalau anda suka, anda dapat mendownload video penulisan kaligrafi basmalah standard ini, untuk kemudian ditiru berulang ulang. Insya Allah dengan latihan yang serius tidak lama tulisan anda akan bagus dan bila sudah terbiasa, akan menjadi mahir dan mempengaruhi keindahan seluruh tulisan anda dalam kaligrafi naskhi. Karena menulis kaligrafi bismillahirrahmanirrahim adalah pintu gerbang memasuki dunia kaligrafi.

Demikian, artikel kami tentang cara menulis bismillah mudah mudahan bermanfaat. Bila anda tidak hendak beranjak dari blog ini, silahkan membaca artikel artikel kami yang lain, atau anda dapat membaca artikel kami sebelumnya mengenai Contoh contoh kaligrafi Kufi Ishom Abdul Fattah 

Terima kasih


Cara Menulis Basmalah Naskhi Standar 4.5 5 Subhan Hidayat belajar kaligrafi, menulis bismilah, kaligrafi bismilah Cara menulis basmalah (bismillahirrahmanirrahim) yang baik dan benar, sebenarnya telah diisyaratkan oleh Rasulullah dalam beberapa hadisnya...


Arsip Blog

Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Label

video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts artikel Cara Pena Kaligrafi Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen ASMAUL HUSNA Diwani Jali KHATTAT MESIR Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Syauqi Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Masyaq Ramadhan Sami Afandi Syakal Abbas Akhawain Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi basmalah hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Allah Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Iran Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software