Search This Blog

Al-Qurán Terbesar Kebanggaan Kota Banyuwangi

 

Mushaf Al-Qurán Terbesar Banyuwangi
Al-Qurán Besar di Masjid Agung Banyuwangi. Sebelah Kiri adalah penulisnya

Al-Quran terbesar ini tanpa sengaja tertangkap pandangan mata saya. Dalam kesempatan mudik lebaran 2015 kemarin, saya berkesempatan jumátan di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. Saya duduk di shaf dekat perpustakaan masjid. Sebuah kotak kayu besar didalam perpustakaan itu menarik hati saya. 

Kotak kayu itu adalah Mushaf Al-Qurán berukuran besar (150x200 cm). Yang membuat saya sedikit antusias adalah, pertama saya tidak tahu bila Banyuwangi memiliki Al-Qurán besar padahal saya orang Banyuwangi asli. 

Yang kedua, tertera nama penulisnya adalah H. Abdul Karim YAPIP Bustanul Makmur Genteng. Dia adalah guru saya sewaktu nyantren di Kebun Rejo tahun 1991-1994.  Memang bukan guru kaligrafi karena guru kaligrafi saya waktu itu adalah Ustadz Abdul Khaliq Kebun Rejo. Tetapi saya sering menyaksikan beliau ketika sedang mengerjakan kaligrafi. Rumah H. Abdul Karim ini menjadi salah satu "tempat nongkrong" santri (termasuk saya) terutama saat jam jam makan.

Sayangnya Mushaf itu tertutup, padahal saya sangat penasaran dengan isinya. Mushaf ini hanya dibuka pada hari hari tertentu, misalnya saat tarawih bulan Ramadhan. Beruntung saya masih bisa "melihat" isinya dari tulisan beberapa blogger. Termasuk blog milik 'Pak Karim' yang menyimpan banyak dokumentasinya. Berikut ini beberapa gambar yang saya ambil dari blog beliau -Al-Qurán Raksasa Banyuwangi-:

Mushaf Terbesar
Kotak Kayunya. Terbuat dari kayu jati


Menulis Mushaf Raksasa
H. Abdul Karim sedang menyelesaikan karyanya. Beliau menggunakan spidol.

Masjid Agung Baiturrahman
Masjid Agung Baiturrahman

أكبر مصاحف
Dibuka pada hari hari tertentu

Penulis Mushaf Raksasa
H. Abdul Karim

<
Al-Qurán Terbesar Kebanggaan Kota Banyuwangi 4.5 5 Subhan Hidayat Al-Qurán Besar di Masjid Agung Banyuwangi. Sebelah Kiri adalah penulisnya Al-Quran terbesar ini tanpa sengaja tertangkap pandangan ma...


No comments:

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (39) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)