Cari Artikel

Menikmati Kaligrafi Murni

 


Manusia memiliki cara dan rasa yang berbeda beda dalam menikmati karya seni. Orang seperti saya, bila disuruh menikmati karya lukis seperti Monalisa, gak akan ketemu keindahannya. Demikian juga dengan kaligrafi. Tidak semua orang dapat menikmati Kaligrafi, dengan cara yang sama dengan cara saya menikmati kaligrafi. Menurut saya indah, menurut orang lain belum tentu, begitu juga sebaliknya.

Latihan mewarnai anak anak TK ....Bagus atau Jelek ? 


Ummat Islam memang menyukai kaligrafi. Sebisa mungkin dirumahnya dipasang satu atau dua pigura kaligrafi. Hanya saja, kebanyakan masyarakat, melihat kaligrafi tidak seperti apa yang dilihat oleh seniman kaligrafi. Bagi masyarakat, asal melihat tulisan bertumpuk tumpuk dan warna warni, maka dibeli sebagai hiasan. Ada beberapa pengalaman mengenai hal ini :

Download Juz 'Amma tulisan Muhammad Ozcay

Pertama, Saya pernah mengarahkan orang untuk membeli kaligrafi grafir cermin yang sangat indah -menurut saya- seharga Rp. 750.000, tapi ia menolak karena tidak ada warnanya. Belakangan saya ketahui dia membeli kaligrafi lem tembak dengan perada emas seharga 1,5 juta. Tidak masalah karena itu hak dia. Tetapi yang membuat saya kepikiran adalah, kaligrafi lem tembak itu bahkan tidak berbentuk kaligrafi. Hanya lelehan lelehan lem yang diatur bertumpuk tumpuk. Menurut mereka indah, menurut saya tidak.

Karya Misbahul Munir. Buku terbaik


Kedua, kebanyakan buku kaligrafi yang beredar dipasaran sekarang ini sudah mengalami editing yang sangat merusak. Bentuknya menjadi tidak proporsi, ditarik ulur dengan semena mena menyesuaikan ruang tata letak buku. Yang masih benar benar murni adalah karya Misbahul Munir dan tentu saja karya Sirajuddin Ar. Ini membuktikan, tim editing bukunya memandang indahnya kaligrafi ya seperti itu. 

Proporsinya sudah dirusak oleh editing


Ketiga, saya mendapati sejumlah percetakan menggunkan software instant, yang bisa menjadikan tulisan biasa menjadi karya kaligrafi dalam berbagai bentuk. Tinggal dicopy tulisannya, lalu dimasukkan kedalam shape yang diinginkan maka jadilah kaligrafi. Tetapi hasilnya......menurut saya sangat mengerikan. Tebal tipis gak karu karuan. Tapi tetap merupakan karya yang indah menurut mereka.

Hasil Karya Software. Indah atau tidak ?


Keempat, sebagaimana diceritakan oleh Sirajuddin Ar, dalam sebuah ruang pameran kaligrafi Festifal Istiqlal, delegasi delegasi dari Turki "mencela" kaligrafi yang dipamerkan. Kata mereka hadza laisa bil-khat (ini bukan khat).. karena yang dilihatnya adalah karya seniman Indonesia, yang tidak sama dengan karya nenek moyang mereka di Turki.

Ya tidak apa apa sih...semua orang boleh ambil bagian dalam mencintai kaligrafi, dan menikmatinya dengan caranya sendiri.

Hanya saja, saya menyarankan kepada siapa saja, untuk "mencoba" menulis kaligrafi dengan meniru contoh yang ada. Rasakanlah kesulitannya.... dan nikmatilah goresannya. Dari situ biasanya pandanganmu terhadap indahnya kaligrafi akan berubah.

Mencoba adalah awal dari penghormatan
Menikmati Kaligrafi Murni 4.5 5 Subhan Hidayat Manusia memiliki cara dan rasa yang berbeda beda dalam menikmati karya seni. Orang seperti saya, bila disuruh menikmati karya lukis sepe...


Arsip Blog

Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Label

video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts artikel Cara Pena Kaligrafi Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen ASMAUL HUSNA Diwani Jali KHATTAT MESIR Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Syauqi Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Masyaq Ramadhan Sami Afandi Syakal Abbas Akhawain Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi basmalah hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Allah Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Iran Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software