Cari Artikel

Ironi Kaligrafi : Melukis Dengan Bulu Babi

 

Boar Bristle

Pernah memperhatikan kuas untuk menulis kaligrafi ? Kalo belum coba dilihat lagi. Mungkin anda mendapati tulisan PURE BRISTLE disitu. Harian Republika pernah memuat investigasi tentang masalah kuas untuk membuat kue yang bertuliskan Pure Bristle. Menurut harian ini, kuas tersebut terbuat dari BULU BABI (sayangnya kami tidak berhasil menemukan arsip koran tersebut).

Bristle sendiri artinya bulu. . Dalam dunia perkuasan, bila diatas kuas itu tertera tulisan "pure bristle" atau 100% bristle, maksudnya adalah kuas tersebut bukan kuas sintetis yang terbuat dari nylon, melainkan dari bulu binatang asli entah itu babi atau musang, atau  kambing atau kuda. Tetapi kebanyakan kuas yang beredar di Indonesia berasal dari China dan dapat dipastikan terbuat dari bulu BABI HUTAN (boar bristle), karena babi hutan menghasilkan bulu terbaik untuk membuat kuas. Beberapa merek terkenal dengan jelas jelas mencantumkan bahwa produk mereka adalah 100% boar bristle. 


Boar Bristle (Bulu Babi Hutan)

Bulu babi hutan memang lebih tebal dan lebih kuat daripada bulu musang, tetapi tidak sama kelenturannya. Produsen lebih senang menggunakan bulu babi hutan daripada musang karena dibeberapa negara musang dilindungi.
Biasanya produk bulu babi hutan ditemukan dalam bentuk :
  • Dibiarkan alami (mungkin berwarna kuning atau coklat atau bahkan abu-abu) 
  • Diberi pemutih  (bleach) 
  • Diwarnai menyerupai musang 
Kuas Bulu Babi
www.bruceonshaving.com
    Waah..bagaimana ini. ......... Ketergantungan kita pada kuas non sintetis sangat besar. Mulai dari pengecatan rumah, merias wajah, cukur rambut sampai pembuatan kue menggunakan kuas seperti ini. Bisa najis semua... ..semoga Allah mengampuni kita. 
    Konsumen Indonesia terutama yang muslim sangat tidak terlindungi. Berbeda dengan di Malaysia yang sudah mencantumkan "TIDAK HALAL/NON HALAL" pada produk sikat atau kuas bulu babi. 
    Untuk Kaligrafi, sebenarnya lebih banyak pilihan alat. Hanya saja penggunaan kuas juga sangat dominan. Sebaiknya teman teman kaligrafer lebih berhati hati. Tentu sangat ironi sekali melukis keindahan nama nama Allah dengan kuas bulu babi hutan yang jelas jelas barang najis. Kuas sintetis atau kayu handam mungkin bisa jadi alternatif untuk menorehkan warna warni kaligrafi.

    Baca juga : Cara menyiapkan media tinta dengan serat gedebong pisang

    Memang sangat sedikit info produk yang kita dapat dari produsen. Bagi yang memiliki info tambahan tentang masalah ini, mohon ikut berkomentar. Kami juga mengundang produsen atau supliyer untuk turut memberi penjelasan. 


    Bahtsul Masail Kubro PP Langitan

    Bahtsul Masail Kubro se-Jawa dan Madura yang dilaksanakan di Ponpe Langitan pada 13-14 Maret 2014 telah membahas masalah kuas bulu babi dan menghasilkan keputusan terkait hukum penggunaannya. Anda dapat membacanya dengan lengkap di situs majalah langitan. Namun beberapa poin dapat kami sarikan sebagai berikut :
    • Hasil pengujian yang dilakukan LPPOM MUI Jawa Timur terhadap beberapa sample kuas, membuktikan bahwa kuas ETERNA positif terbuat dari bulu babi. Prosuden telah memberitahu konsumennya dengan memasang tulisan Pure Bristles, 100% china bristles, dll
    • Imam Syafi'i menyatakan bahwa kuas babi adalah najis bila memang terbukti dengan meyakinkan (tahaqququn-najasah) bahwa kuas itu dari babi (produsen mencantumkan dengan jelas bahwa kuas itu terbuat dari bulu babi). Bila tidah terbukti (misalnya kuas tidak ada keterangan, atau ciri ciri fisiknya tidak bisa dibedakan antara bulu babi atau bukan) maka hukumnya boleh digunakan.
    • Menurut Imam Syafi'i,  kaligrafi atau masjid atau rumah yang terlanjur dicat menggunakan kuas yang najis adalah najis. Satu satunya jalan keluar adalah dengan menghapus/membuang cat tersebut. 
    • Menurut Imam Malik, hukum bulu babi adalah suci apalagi bila sudah dipotong dari badan hewannya. Jadi menggunakan kuas bulu babi untuk mengoles kue, kaligrafi, dan lain lain adalah boleh dan tidak najis.
    Diskusi lebih lengkap bisa dibaca Rumaysho.com silahkan dibaca disana dengan teliti.

    Terima kasih, semoga Allah memberkati.

    Ironi Kaligrafi : Melukis Dengan Bulu Babi 4.5 5 Subhan Hidayat Pernah memperhatikan kuas untuk menulis kaligrafi ? Kalo belum coba dilihat lagi. Mungkin anda mendapati tulisan PURE BRISTLE disitu....


    Arsip Blog

    Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

    Cari Blog Ini

    Label

    video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts artikel Cara Pena Kaligrafi Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen ASMAUL HUSNA Diwani Jali KHATTAT MESIR Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Syauqi Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Masyaq Ramadhan Sami Afandi Syakal Abbas Akhawain Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi basmalah hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Allah Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Iran Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software