Cari Artikel

Muhammad Esad Yasari - Ketekunan Dalam Keterbatasan Fisik

 


Mehmed Esad Yasari Efendi,  telah mengajarkan kepada kita, bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mencapai cita cita.

Mehmed Esad Yasari ( ditulis dalam bahasa Arab : محمد أسعد اليساري ) adalah seorang kaligrafer Ottoman abad ke-18 yang dikenal sebagai kaligrafer terhebat pada masanya. 

Mehmed Esad Yesari  lahir di Istanbul, ia adalah putra Kara Mahmud Aga, seorang juru sita Hakim Agung Anatolia. Yasari artinya kidal. Ia dipanggil dengan nama seperti itu, karena ia dilahirkan dalam keadaan lumpuh di bagian sebelah kanan badannya. Badan sebelah kirinya, meskipun berfungsi tetapi juga tidak sempurna. Badan sebelah kirinya selalu gemetar. 

Kehidupan kaligrafer Yasari Efendi sama mengagumkannya dengan karya-karyanya. Ia menunjukkan bahwa tekad dan kemauan keras adalah syarat dasar untuk sukses. Saat Yesari Efendi lahir, badan bagian kanan lumpuh dan bagian kiri gemetar. Namun dia mempunyai keyakinan untuk menyadari bahwa dia bukanlah pemilik sebenarnya dari tubuh tersebut. Ia berusaha menunjukkan bahwa keadaan ini tidak menghalanginya untuk bekerja, memperoleh profesi, dan menjadi ahli dalam profesi tersebut.

Ia tertarik pada kaligrafi sejak usia muda. Karena tangan kanannya lumpuh, ia menulis dengan tangan kirinya. Itu sebabnya dia mulai dipanggil 'Yesari' dan kemudian kata sifat ini digunakan sebagai pengganti namanya.

Ia hendak belajar kepada Waliyyuddin Afandi. Namun, melihat keadaannya, Waliyyuddin merasa akan sulit meengajarinya kaligrafi sehingga ia menolaknya. Lalu Esad pergi kepada Sayyid Mehmed Efendi, salah satu ahli kaligrafi terkenal pada masa itu, dan menunjukkan bakatnya. Sayyid Mehmed Efendi melihat keistimewaan pada diri Esad yang membuatnya kagum. Maka ia bersedia mengajarinya. Dalam waktu singkat, setelah belajar sebentar dengan Seyyid Mehmed Efendi, dia mendapat ijazah kaligrafinya. Kemudian, ia belajar kepada beberapa kaligrafer lain dan menerima ijazah juga. Antara lain dari kaligrafer Kâtipzâde Mehmed Refı῾ dan İsmail Refik Efendi pada tahun 1767. 

Mehmed Esad Efendi dalam waktu singkat tampil menonjol dan dikenal di lingkungannya, memiliki karakter yang sangat rendah hati. Oleh karena itu, selain mengapresiasi karya seninya, ia juga dicintai dan dihormati oleh semua orang serta mendapat penghormatan yang besar dari para tokoh terkemuka pada masa itu.

Salah satu kehebatannya adalah penguasaannya terhadap khat Farisi (Ta'liq). Sebelum datang Esad Yasari, kaligrafi ta'liq hanya dikuasai oleh orang orang Persia (Iran). Yasarî Efendi memberikan tulisan Ta῾lik bentuk yang paling sempurna dan membuktikan bahwa seniman Ottoman mampu menghasilkan karya paling sempurna dalam jenis kaligrafi ini. 

Karena penguasaannya tersebut, ia diangkat menjadi guru kaligrafi di Enderun῾ı Hümâyun. Hal ini juga mendapat apresiasi dari Sultan Selim III. 

Selain rendah hati, Mehmed Esad Efendi juga sangat dermawan dalam mengajarkan seninya. Beliau dengan murah hati membagikan zakat, sedekah, bahkan seluruh kekayaannya di bidang ini kepada para pelamar. Rumahnya telah menjadi seperti sekolah. Mereka yang tertarik dengan seni ini akan memenuhi rumahnya pada hari-hari tertentu dalam seminggu dan belajar dari seniman hebat ini. 

Ketika Mehmed Esad Yesari Efendi meninggal dunia di Istanbul pada 19 Desember 1798, ia meninggalkan banyak plakat dan prasasti yang akan mengingatkannya pada dirinya selamanya.

Karya Esad Yasari
هو الله سبحانه
عليكم بحسن الخط فإنه من مفاتيح الرزق
(Dialah Allah, Maha Suci Dia. 
Hendaklah kalian belajar menulis bagus, karena itu adalah salah satu dari kunci kunci rizki)




Petikan syair dalam sebuah bahasa (mungkin Persia)



Petikan syair dalam sebuah bahasa (mungkin Persia)



Hilyah Syarifah 
Sebuah karya 'wajib' bagi seorang kaligrafer
Hilyah syarifah dalam khat Farisi




Ya Hadrat Maulana




Petikan Syair



Untuk karya karya lainnya kunjungi : Amsyaq Esad Yasari

Terima kasih. Semoga bermanfaat.







===============================
(Muhammad Esad Yasari - Ketekunan Dalam Keterbatasan Fisiknya) originally posted by Seni Kaligrafi Islam.  Artikel ini ditulis dengan memperhatikan sumber sumber yang tercantum dibawah ini. 
All artworks are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
email : subhi.link@gmail.com
Muhammad Esad Yasari - Ketekunan Dalam Keterbatasan Fisik 4.5 5 Subhan Hidayat Mehmed Esad Yasari Efendi,  telah mengajarkan kepada kita, bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk mencapai cita cita. Mehmed Esad ...


Arsip Blog

Sampah Digital. Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Label

video Gallery Khattat Buku Kaligrafi Download Latihan Gambar pilihan Kaligrafi Islam Tematik Tsuluts artikel Cara Pena Kaligrafi Farisi tutorial Wallpaper Alat Kaligrafi Kaligrafer Mesir news Diwani Kaligrafer Ottoman Kufi Mushaf Ornamen ASMAUL HUSNA Diwani Jali KHATTAT MESIR Kaligrafer Turki Khat Farisi Khat Riq'ah Naskhi Suggested by object Kaligrafi Kontemporer Khat Maghribi Khattat Indonesia Khattat Ottoman Syauqi Banat Su'ad Berkreasi Burdah Hamid Al Amidi Hasyim Muhammad Al-Baghdady KAPUR TULIS Kaligrafer Wanita Kertas Kaligrafi Kontemporer/Modern Kufi Murobba' Masyaq Ramadhan Sami Afandi Syakal Abbas Akhawain Belajar Kaligrafi Ismail Zuhdi KHAT DIWANI JALI Kaligrafer Kaligrafer Iraq Khat Diwani Khat Kufi Murobba' Khat Moalla Mahmud Ibrahim Salamah Masjid Mukhtar Alam Musthafa Khudair Nisan Surah Yasin Tinta Yaqut Al Musta'shimi Zaky Al Hasyimi basmalah hilyah syarifah jalal amin Abdul Naser Al Mashri Al Hamidiyah Al Ikhlas Allah Ayat Kursi Aydemir Berlatih Kaligrafi Bismillah Buku Majmu'ah Hadisah Dalail Dawat Doa Fahmi Afandi Gambar Kaligrafi HIASAN MUSHAF Hagia Sophia Hamdalah Hari Raya Hasan Celebi Hassan Massoudy Hiasan Ibnu Bawwab Jawad Sabti KHUDAIR BUR SAIDI Kaligrafer Iran Kaligrafer Jepang Kaligrafer Jordan Kaligrafer Palestina Kaligrafer Yaman Kaligrafi Hias Kaligrafi Online Kaligrafi Tematik Karya Kertas Muqohar Khat Naskhi Khat Niho Arabi Khat Shikasteh Khat Tsuluts Khattat China Khattat Libanon Khattat Saudi Khattat Turki Khudair Kumpulan Lomba Kaligrafi Macan Ali Man Shabara Marbling (EBRU) Membuat Karya Muhammad Nadzif Muhammad Sa'ad Al Haddad Muhaqqaq Mustafa Halim Mustafa Râkım Efendi Omid Rabbani Raqim Rasim Efendi Sami Tanda Tangan (Tauqi') Tughra frame kal kerajinan riq'ah riqa software