Search This Blog

Catatan 2018 : Pencurian Konten Melemahkan Kami

 


Asalam alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Pembaca Yang Budiman.

Kami ucapkan terima kasih sebesar besarnya telah bersedia meluangkan waktu mengunjungi blog kami. Mudah mudahan ada manfaat yang bisa kami bagikan disini. Terima kasih juga kepada pembaca yang turut memberi atensi dengan mengirimkan email dan komentar.

Dari sekian banyak email dan komentar yang kami catat, ada dua isu yang ingin kami berikan tanggapan sebagai refrleksi tahun 2018, yaitu :

  1. Pencurian konten yang makin marak
  2. Iklan Adsense


Pencurian Konten


Banyak teman teman yang menyampaikan, bahwa artikel di blog ini tidak bisa di copas. Memang demikian keadaannya. Kami tidak bermaksud pelit. Ini hanya respon dari pencurian konten yang makin tidak beretika. 

Ketika kami menemukan beberapa blog yang mengambil seluruh artikel kami tanpa permisi, kebetulan ada 3 orang mahasiswa Universitas Indonesia yang magang di kantor kami. Mereka bersedia meluangkan waktu untuk melihat lihat blog ini. 

Mereka memasangkan sebaris kode yang kemudian melindungi artikel ini dari copas. 

Tetapi apakah pencurian konten berhenti ? Ternyata tidak. Maling selalu menemukan caranya. Kami menulis artikel, 24 jam kemudian artikel tersebut sudah tayang diblog lain tanpa diedit, tanpa menyertakan sumber. 

Yang dirugikan adalah kalian yang benar benar butuh terhadap artikelnya. Mau copas tidak bisa. Sedangkan mereka, dengan kepandaian IT nya, bisa mengambilnya sesuka hati. Kami bermaksud menghapus kode kode anti copas itu, tetapi tidak mengerti. Kami coba kontak kembali para mahasiswa magang, belum ada respon. 

Hal ini membuat semangat kami menulis artikel melemah. Nyaris tidak ada artikel baru yang kami tulis pada bulan bulan terakhir 2018. Disamping itu, tugas kami mengasuh ekstra kurikuler kaligrafi disekolah sudah selesai. 

Mengapa anda tidak boleh copas artikel kami tanpa menyertakan sumber ?

Setidaknya alasan berikut ini harus anda fahami :

Dalam menulis artikel, kami sangat berhati hati dan sangat memperhatikan sumber rujukan. Meski demikian, pasti akan selalu ada kesalahan dalam setiap artikel kami. Jika anda mencopas mentah mentah kemudian menyebarkannya, apalagi tanpa disertai keterangan sumber, anda akan berkontribusi dalam menyebarkan kesalahan. 

Dengan menyertakan sumber, akan memudahkan bagi orang lain untuk melacak kesohihan informasi yang kami sampaikan. Tanpa menyertakan sumber, semuanya akan menjadi gelap tak terlacak.   

Lalu apa yang mesti dilakukan ?

Blogger sejati itu menulis bukan meng-copas. Menulis adalah kesenangan. Bila anda blogger, maka menulislah !

Tulis kembali artikel kami dengan lebih baik. Buatkan infografisnya. Tambahkan video. Intinya tambahkan nilai plus, sehingga pembaca mendapat manfaat.

Bila terpaksa harus meng-copas, maka etikanya adalah dengan menyertakan link menuju artikel originalnya. Namanya link tentu harus hidup. Anda tidak perlu khawatir traffic akan pergi dari blog anda. Karena jarang sekali pembaca mengikuti link sumber kalau tidak benar benar butuh.

Mengenai Iklan Adsense 


Sampai tahun 2014, blog ini tidak memasang adsense. Baru kemudian kami pasang setelah mendengar saran dari beberapa teman. Alasannya sayang sayang bila tidak di monetasi. Meskipun hasilnya sangat sedikit. Dari tahun 2014 sampai 2018 hanya pernah payout sekali.  

Kami pasang iklan di beberapa tempat, yang sekiranya tidak mengganggu pembaca. Kami hindarkan iklan iklan yang menutupi konten atau menginterupsi pembaca. Bila ada ketidaknyamanan akan hal itu, kami akan mengevaluasinya.  

Kemudian mengenai iklan iklan tidak senonoh yang ditampilkan. Seperti iklan "suamiku ngaceng" dan iklan iklan sejenis. Sebenarnya hampir tiap hari kami blokir tapi selalu ada. Kami harap pembaca hindari saja . 

Demikian sekedar catatan dari kami. Mudah mudahan blog ini masih bisa menyebarkan manfaat dalam waktu yang panjang. 

-Ditulis oleh Subhan Hidayat -

<
Catatan 2018 : Pencurian Konten Melemahkan Kami 4.5 5 Subhan Hidayat Asalam alaikum warahmatullah wabarakatuh. Pembaca Yang Budiman. Kami ucapkan terima kasih sebesar besarnya telah bersedia meluangkan...


2 comments:

Unknown said...

Saya mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada penulis / owner . saya banyak belajar menulis seni kaligrafi dengan referensi dari blog ini, semoga Allah membalas semua jerih payahnya dalam meluangkan waktu menulis dan share ilmu yang bermanfaat.

izinkan saya mengambil beberapa photo/gambar kaligrafi untuk referensi belajar menulis kaligrafi untuk saya dan anak saya.

syukron wajazakumullahu khairan katsiira

Subhan Hidayat said...

Terima kasih dukungannya. Tentu kami berharap pembaca mendapat manfaat lebih besar meski kami banyak kelemahan.

Untuk gambar insya Allah masih bisa di download, meski resolusi gambar tidak bagus. Untuk mendapat gambar lebik bagus bisa dicari di google dengan bantuan search google for this (klik kanan ke gambar).
Untuk artikel, akan kami buka seperti semula dalam waktu dekat.

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (39) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Masjid (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mukhtar Alam (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)