Search This Blog

Nuria Garcia Masip Kaligrafer Wanita Dari Spanyol

 


Satu lagi nama master kaligrafi wanita kami tampilkan. Kaligrafer wanita dari Spanyol, Nuria Garcia Masip.

Nuria Garcia Masip lahir di Ibiza Spanyol pada tahun 1978. Ia tumbuh dan di besarkan di Spanyol dan di Amerika Serikat. Tahun 1999 setelah dia meraih gelar BA dalam bidang Literatur Prancis Dan Spanyol di The George Washington University Amerika, ia melakukan perjalanan ke Maroko. Disana, ia mulai menemukan ketertarikan pada kesenian Islam.

Tahun 2000 ia kembali ke Washinton DC, dan mulai mencari guru kaligrafi. Ia menemukan seorang guru bernama Muhammad Zakaria (kaligrafer Amerika kelahiran California) dan mulai belajar Raq'ah, Naskhi dan Tsuluts. 

Tahun 2004, Nuria berangkat ke Istanbul untuk melanjutkan belajar kaligrafi tsuluts pada kaligrafer kaligrafer besar Turki antara lain Hasan Çelebi, dan Dawud Bektas. 

Nuria Garcia saat melakukan penampilan duet dengan seniman Iran Bahman Panahi
Mengkolaborasikan seni kaligrafi dan seni musik


Pada tahun 2007 ia menerima ijazah dalam bidang naskhi dan tsuluts yang ditandatangani oleh ketiga orang gurunya tersebut diatas. Ia juga memiliki keahlian dalam mempersiapkan kertas muqaharnya sendiri. Tehnik pembuatan kertas muqahar (kertas ahar) ala Nuria dapat dibaca di  nuriaart.com.

Nuria sekarang tinggal di Paris Prancis dimana ia banyak menangani proyek kaligrafi sekaligus menjadi pengajar kaligrafi. Ia juga aktif mengikuti pameran pameran internasional, dan mengorganisir beberapa event seperti workshop dan konferensi kaligrafi.

Beberapa prestasi yang pernah diraihnya, antara lain pernah menjadi juara 4 kategori Tsuluts dalam kompetisi Internasional yang diselenggarakan oleh IRCICA di Istambul Turki. Kemudian pada tahun 2013 ia berhasil menjadi juara 2 pada ajang yang sama.

Berikut ini adalah karya karyanya :


Karya Tsuluts dan Naskh karya Nuria Garcia. Ini karya yang tidak main main. Sangat indah dan sejajar dengan karya kaligrafer dunia (Kalem Guzeli.org). 





Kaligrafi Muhaqqaq karya Nuria. Disini Nuria meniru Kaligrafi Muhaqqaq gaya lama. Yang ditulis adalah adalah Al-Baqarah 164. 



Karya yang diberi judul "burdah" berisi  ayat Al-Qur'an  Surah Al-Fath ayat 27-29 


Surah Maryam. Ditulis dengan sangat indah



Hadis Nabi




Nama nama Nabi Muhammad ditulis dengan kaligrafi Tsuluts dengan sangat indah



Berikut ini adalah video tentang Nuria Garcia Masip dan karya karyanya yang diberi judul Love And Beauty: 




Terakhir, berikut ini adalah tulisan Basmalah dalam gaya Muhaqqaq oleh Nuria Garcia Masip : 


Basmalah muhaqqaq memiliki keindahan luar biasa, sehingga hampir setiap kaligrafer menuliskannya. 

(Lebih lengkap mengenai karya karya Bismilah Muhaqqaq

Nuria Garcia Masip Kaligrafer Wanita Dari Spanyol 4.5 5 Subhan Hidayat callighraphist, kaligrafer wanita Satu lagi nama master kaligrafi wanita kami tampilkan. Kaligrafer wanita dari Spanyol, Nuria Garcia Masip. Nuria Garcia Masip lahir ...


No comments:

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.