Kaligrafi Islam


Kaligrafi dan Al-Khat

Kaligrafi adalah seni menulis indah dengan pena, diambil dari kata kalios yang artinya indah dan graph yang artinya tulisan atau aksara. Pengertian ini sama dengan kata berbahasa arab äl-khat yang berarti goresan tulisan dengan pena bersinonim dengan kata kitabah yang artinya menulis. Kaligrafi atau al-khat memiliki arti universal, dimana setiap peradaban memiliki bagian masing masing dari seni tulis menulis tersebut. Dengan demikian kata " kaligrafi " bisa digunakan untuk menyebut kaligrafi china, kaligrafi jawa, kaligrafi latin , kaligrafi arab dan seterusnya. Demikian juga dengan kata al-khat, bisa digunakan untuk menyebut al-khat al-aroby, al-khat al injilizy, al-khat al-shiiny dan seterusnya. 
Kaligrafi Arab, atau Al-Khat Al-Araby, digunakan untuk menyebut seni tulis yang muncul sama tuanya dengan peradaban Arab itu sendiri. Jadi seluruh bangsa Arab (apapun agamanya), tampaknya boleh turut serta mengembangkan seni tulis menulis ini. 

Kaligrafi Islam

Hanya saja, Kaligrafi Arab yang kita kenal saat ini mulai dari naskhi, tsulutsy, diwany, riqáh dan lain lain, adalah hasil temuan dan penyempurnaan dari ulama ulama Islam. Karena itu tidak salah bila saya menyebutnya sebagai KALIGRAFI ISLAM. Mungkin hanya kaligrafi Kufi dan Farisy (yang sejak lama digunakan di negeri negeri Persia) saja yang memiliki asal usul sejarah sebagai tulisan pra Islam. Meski begitu, para orientalis tetap menyebut kaligrafi Kufy sebagai al-khat al-Islamy, Dan mereka mentarikh munculnya khat Farisi sejak abad ke 5 Hijriyah. Dengan demikian, apa yang disebut sebagai Kaligrafi Arab atau al-khat al-aroby, sebenarnya tidak lain adalah Kaligrafi Islam.

Blog Kaligrafi Islam

Blog ini, Insya Allah akan menyajikan keindahan seni kaligrafi Islam. Artinya, yang tersaji disini hanyalah karya karya kaligrafer muslim, dengan tulisan berupa ayat ayat al-Quran, Hadis atau syair syair ulama. Saya juga memiliki karya karya kaligrafer non muslim berupa kutipan kutipan ayat Injil. Tetapi tampaknya tidak akan saya sajikan disini karena kurang relevan, juga saya meragukan keasliannya karena sampai hari ini tidak ada satu namapun kaligrafer non muslim yang menguasai khat khat Arab yang bisa disebutkan namanya mewakili non muslim.
Dalam blog ini Insya Allah akan diulas :
  • Tutorial kaligrafi Islam, berdasarkan pengalaman pengalaman saya mengajarkan kaligrafi.
  • Tokoh tokoh kaligrafi Islam dan sejarah hidupnya
  • Galeri karya karya master
  • Pedoman kaidah kaidah kaligrafi Islam
  • Berita berita terkait kaligrafi Islam
Mudah mudahan apa yang saya upayakan ini ada manfaatnya bagi siapapun yang berminat terhadap kaligrafi Islam.

Just want to tell google that my blog is about islamic art and architecture, not about drugs or something like that. The word "khat" is mean "calligraphy" not point to the name of banned tree called "khat". 
  
Powered by Blogger.