Kaligrafi Islam


Kaligrafi dan Al-Khat

Kaligrafi adalah seni menulis indah. Begitulah pengertian sederhana yang mudah difahami orang. Anda merangkai huruf huruf dengan media apapun dan alat apapun, asalkan indah, serasi, kreatif  dan berseni maka bisa disebut kaligrafi. Katanya diambil dari kata kalios yang artinya indah dan graph yang artinya tulisan atau aksara (silahkan dicari sendiri referensinya).

Pengertian kaligrafi tersebut, sama artinya dengan äl-khat - kata berbahasa Arab yang aslinya berarti : "garis atau goresan", dan bersinonim dengan kata kitabah yang artinya menulis. Selanjutnya kata al-khat (pluralnya : al-khutuut) memiliki arti tulisan indah. Orang yang menuliskannya disebut al-khattaat atau dalam sebutan umum : kaligrafer.

Kaligrafi atau al-khat memiliki arti universal, dimana setiap peradaban memiliki bagian masing masing dari seni tulis menulis tersebut. Dengan demikian kata " kaligrafi " bisa digunakan untuk menyebut seni indah menulis segala bangsa, misalnya kaligrafi china, kaligrafi jawa, kaligrafi latin , kaligrafi arab dan seterusnya.

Demikian juga dengan kata al-khat, bisa digunakan untuk menyebut kaligrafi sebuah bangsa seperti al-khat al-aroby (kaligrafi Arab), al-khat al injilizy (kaligrafi Inggris), al-khat al-shiiny (kaligrafi China) dan seterusnya. Juga digunakan untuk menyebut ragam ragam tulisan kaligrafi Arab seperti : khat diwany (tulisan bergaya diwani), khat tsulutsy (tulisan bergaya tsulutsy), dan seterusnya.

Kaligrafi Arab Dan Kaligrafi Islam


Kaligrafi Arab, atau Al-khat Al-Araby, digunakan untuk menyebut seni tulis dalam aksara aksara Arab. Seni menulis ini diyakini muncul sama tuanya dengan peradaban Arab itu sendiri. Dengan demikian, kaligrafi Arab memiliki benih dan asal usul pra Islam. Jadi seluruh bangsa Arab (apapun agamanya), tampaknya memiliki satu warisan kebudayaan yang sama, dan mendapat kesempatan yang sama untuk mengembangkan seni tulis menulis ini. 

Hanya saja, dalam perjalanan sejarahnya, kaligrafi Arab lebih mendapat perhatian tangan tangan seniman muslim (mungkin karena sebagian besar bangsa Arab akhirnya memilih Islam sebagai agamanya). Sehingga apa yang kita kenal sekarang sebagai kaligrafi Arab mulai dari naskhi, tsulutsy, diwany, riqáh dan lain lain, adalah hasil temuan dan penyempurnaan dari seniman seniman Islam. Bahkan mereka memiliki keyakinan kuat bahwa seni yang mereka kembangkan saat itu adalah berdasarkan bimbingan dan ilham penuh dari Allah swt.

Karena itu tidak salah bila saya lebih suka menyebut kaligrafi Arab sebagai KALIGRAFI ISLAM. Meskipun pada masa belakangan ini kaligrafi Arab mendapat penerimaan lebih luas dari masyarakat internasional, dan melahirkan karya karya yang tidak bersumber dari nash nash Islam (misalnya kutipan kutipan Injil, atau puisi puisi umum), namun tetap tidak menghilangkan identitas seni ini sebagai "seni Islam" . Dengan demikian, apa yang disebut sebagai Kaligrafi Arab atau al-khat al-Aroby, sebenarnya tidak lain adalah Kaligrafi Islam (Islamic Calligraphy).

Blog Kaligrafi Islam

Blog ini, insya Allah akan menyajikan keindahan seni kaligrafi Islam. Artinya, yang tersaji disini hanyalah karya karya kaligrafer muslim (tidak peduli Syi'ah atau Sunni asal tidak berisi teks teks kontroversial), dengan tulisan berupa ayat ayat al-Quran, Hadis atau syair syair ulama. Saya juga memiliki karya karya kaligrafer non muslim, berupa kutipan kutipan ayat Injil, pepatah pepatah, dan puisi puisi umum. Tetapi tampaknya tidak akan saya sajikan disini (atau disajikan terbatas) karena saya anggap kurang relevan dengan tema blog.

Dalam blog ini Insya Allah akan diulas :
  • Tutorial kaligrafi Islam, berdasarkan pengalaman pengalaman saya mengajarkan kaligrafi.
  • Tokoh tokoh kaligrafi Islam dan sejarah hidupnya
  • Galeri karya karya master
  • Pedoman kaidah kaidah kaligrafi Islam
  • Berita berita terkait kaligrafi Islam
Mudah mudahan apa yang saya upayakan ini ada manfaatnya bagi siapapun yang berminat terhadap kaligrafi Islam.

Just want to tell google that my blog is about islamic art and architecture, not about drugs or something like that. The word "khat" is mean "calligraphy" not point to the name of banned tree called "khat". 
  
Powered by Blogger.