Search This Blog

Software Kaligrafi : Menjajal Kehebatan KELK 2010

 

Software Kaligrafi Kelk 2010

Tulisan kali ini adalah sekedar review saya terhadap software kaligrafi KELK 2010, berdasarkan pengalaman saya yang hanya "sekian menit" menjajal software kaligrafi ini. Jadi bila yang anda cari adalah link download KELK 2010, maka saya mohon maaf karena saya tidak memilikinya. Anda bisa mencarinya disitus lain atau membelinya langsung di sinasoft.com. 

Saya memiliki sebuah keyakinan yang telah lama saya anut. Bahwa, tidak akan ada satu software pun - seberapapun canggihnya software itu- yang bisa mengalahkan keindahan tulisan tangan asli para kaligrafer. Pemikiran seperti itu telah menanamkan rasa tidak percaya dalam diri saya terhadap software kaligrafi apapun. Mungkin anda juga memiliki pemikiran yang sama dengan saya. Saya punya alasan untuk berfikiran seperti itu.  Saya sudah sangat sering menyaksikan sebuah karya kaligrafi yang dikerjakan dengan bantuan sebuah software kaligrafi yang hasilnya malah hancur hancuran. Tebal tipisnya tidak proporsional, kelihatan kaku, dan sangat tidak sesuai kaidah kaligrafi. Bahkan karya seorang master kaligrafi yang aslinya sangat indah, menjadi berantakan setelah diedit edit menggunakan software. 

Menjajal KELK 2010

Hari itu seorang teman saya, pengrajin Kaligrafi Gravir Cermin dari Vinoart menelpon saya meminta waktu untuk bertemu. Bang Rahman Gravir, begitu saya memanggilnya, (profilnya pernah saya tulis di blog ini) ingin menunjukkan sesuatu kepada saya sekaligus hendak meminta pendapat.

Saya terima beliau dikantor. Ternyata maksud kedatangan beliau adalah hendak menunjukkan sebuah software kaligrafi. Ah..software lagi, fikir saya. Apa yang bisa diperbuat oleh sekeping software. 

Setelah berbincang sebentar,  mulailah beliau membuka laptop dan memperkenalkan software KELK 2010 yang katanya ia dapatkan melalui bantuan seorang temannya yang di Malaysia. Beliau mulai memperagakan cara menggunakannya. Fitur fitur yang tersedia dicoba semua.

Saya hanya memperhatikan apa yang dia lakukan. Pelan pelan minat saya mulai tersedot pada software ini. Segala fikiran jelek saya tentang software kaligrafi pelan pelan mulai hilang. Kemudian saya diberi kesempatan mencoba. Saya menuliskan basmalah, kemudian saya otak atik. Yang bisa saya katakan tentang software ini adalah :
  • Huruf huruf yang dihasilkan cukup proporsional dan sesuai kaidah kaidah kaligrafi. Biasanya saya sangat memusuhi kaligrafi yang ditulis asal asalan tanpa kaidah.
  • Huruf huruf yang dihasilkan luwes, jauh dari kesan kaku, mendekati tulisan tangan kaligrafer asli.
  • Huruf huruf itu sangat mudah disusun susun dan dibentuk bentuk dalam berbagai shape. Pada bagian ini, sang pengguna mesti memiliki pengetahuan dasar kaligrafi agar ia tidak asal menyusun huruf. Ada jenis jenis kaligrafi tertentu yang penulisannya kurang baik bila ditumpuk tumpuk. 
  • Ada berbagai pilihan jenis kaligrafi. Termasuk karakter karakter huruf Hasyim Muhammad Baghdadi (seorang master kaligrafi). 
  • Software kaligrafi ini sangat membantu para kaligrafer dan penting untuk dimiliki oleh pengrajin kaligrafi. Hanya saja, tetap saja dasar dasar ilmu kaligrafi harus dimiliki. Supaya tidak salah dalam membuat karya.

Berikut ini adalah salah satu video penggunaan Kelk 2010 :


Kelk 2010 Untuk Pengrajin Kaligrafi

Ada banyak pengrajin kaligrafi yang menekuni dunia kaligrafi karena didorong oleh rasa cinta kepada seni kaligrafi. Mengenai kemampuan mereka dalam menulis kaligrafi...? Bisa jadi nol. Mereka kebanyakan tidak bisa menulis kaligrafi. Mereka hanya memanfaatkan karya karya kaligrafer yang sudah ada, yang kemudian mereka kerjakan pada berbagai media sesuai keahliannya. 

Misalnya Bang Rahman Gravir ini. Keahlian beliau adalah gravir, dan biasa mengerjakan karya karya gravir non kaligrafi seperti logo perusahaan, cinderamata, dan lain lain. Kemampuan beliau menulis kaligrafi, mungkin ada sedikit. Karena itu beliau sangat bergantung kepada karya karya orang lain yang sayangnya jumlahnya sangat terbatas. Beliau akan sampai pada suatu titik, dimana karya kaligrafi yang diinginkannya tidak tersedia. Pada situasi seperti itulah beliau butuh bantuan seorang kaligrafer. Sayangnya, tidak mudah menemukan seorang kaligrafer ahli yang bisa diajak bekerja sama. Terpaksa dia harus membuat kaligrafi sendiri. Maka software kaligrafi KELK 2010 menjadi alat terbaik yang akan memudahkannya berkarya.

Kelk 2010 VS Kaligrafer Asli

Seperti yang sudah saya uraikan, keberadaan software kaligrafi KELK 2010 ini tentu tidak bermaksud untuk menyaingi para kaligrafer. Tulisan tangan para master kaligrafi memiliki keindahan dan ciri khas tersendiri yang tidak bisa ditiru dan disaingi. 

Tetapi bila membandingkan karya yang dihasilkan oleh KELK 2010 dan hasil karya kaligrafer sekelas saya, KELK 2010 jauh mengungguli. Bagaimana tidak, 'roh' Hasyim Muhammad Baghdadi ada disitu. Artinya para pengerajin kaligrafi yang tidak memiliki latar belakang kaligrafi dapat menghasilkan sebuah karya dengan confident. Menurut saya Software kaligrafi ini adalah investasi yang cukup rasional.  

Terima Kasih telah meluangkan waktu membaca artikel tentang KELK 2010


<
Software Kaligrafi : Menjajal Kehebatan KELK 2010 4.5 5 Subhan Hidayat software kaligrafi Software Kaligrafi Kelk 2010 Tulisan kali ini adalah sekedar review saya terhadap software kaligrafi KELK 2010, berdasarkan pengalaman...


No comments:

About Me

My photo
depok, Jawa Barat, Indonesia
Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (57) Khattat (48) Buku Kaligrafi (38) Download (28) Latihan (15) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tematik (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (9) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Mushaf (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Naskhi (5) Suggested by object (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Khat Farisi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Abbas Akhawain (2) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Ayat Kursi (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Doa (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)