Search This Blog

Cara Membuat Kaligrafi Timbul Dengan Glue Gun (Lem Tembak)

 

Kaligrafi Timbul

Berikut ini kita akan coba berkarya kaligrafi dengan menggunakan lem tembak (hot glue). Entah siapa yang mula mula membuat kaligrafi dengan lem tembak. Tetapi yang jelas, hasilnya cukup diminati dan telah membuat banyak orang menjadi jutawan. 

Saya sendiri tidak pernah serius mempelajari kerajinan ini. Cuma coba coba saja. Watak lem tembak yang kental meleleh sangat sulit ditangan saya untuk dibuat kaligrafi yang "beneran" (maksudnya, rata rata hasil tulisan kaligrafi menggunakan lem tembak tidak mengikuti kaidah kaidah kaligrafi yang benar karena memang sulit. Kelemahan tulisannya bisa kamu tutupi dengan kreasi yang bagus, frame yang bagus, dan pewarnaan dasar yang bagus). 

Kaligrafi Emas


Kaligrafi ini, cukup mengandalkan keindahan efek timbul lem tembak yang dipadu dengan kilauan prada (emas dan perak). Adapun tulisannya, lebih banyak asal jadi (tapi tidak jelek, hanya tidak berkaidah saja). Meski demikian, para peminat kaligrafi terus memburu kerajinan ini karena keindahannya.  

Peralatan yang dibutuhkan adalah 

1.   Lem Tembak / Hot Glue / Glue Gun


Kaligrafi timbul emas


Yang dimaksud lem tembak adalah lem batangan berwarna bening yang dipanaskan terlebih dahulu menggunakan alat berbentuk seperti pistol. Aliran listrik dibutuhkan untuk menggunakan peralatan ini. 
  • Masukkan batangan lemnya, kemudian sambung ke aliran listrik, tunggu sampai panas.  
  • Kemudian tekan pelatuknya, maka cairan lem kental akan keluar (bila pelatuk ditekan lemnya tidak keluar, berarti alatnya belum cukup panas..jangan dipaksa). 
  • Menulislah dengan lelehan lem itu, boleh di triplek, kanvas, bludru, dan media media lainnya. Setelah tulisan jadi, biarkanlah kering (tidak lama..kira kira setengah menit) .
  • Jadilah sebuah karya tulis bening yang indah. 
  • Lelehan lem biasanya menghasilkan juga serabut serabut ketika kita selesai menuliskan sebuah huruf. Serabut itu bisa diputus dengan memutar mutar ujung alat tembak, atau langsung diputus saja dengan tangan.  


2. Prada Emas atau Perak


Prada Emas

Ada beberapa jenis yang tersedia di pasaran. Yang pertama berbentuk foil seperti pada gambar. Biasa disebut gold foil atau prada roll. Ada lapisan plastiknya, dan biasanya harganya lebih murah. Untuk menempelkannya, mungkin kamu perlu sedikit menekan atau menggosok sampai menempel.

Yang kedua, adalah yang berbentuk lembaran lembaran tanpa pelapis. Biasa disebut gold leaf atau prada tisu. Perlu tekhnik khusus untuk mengambilnya karena mudah hancur. Setelah ditempel, cukup disapu dengan kuas untuk menghilangkan sisanya.

Fungsinya hanya untuk mewarnai saja, agar terlihat lebih indah. Sebenarnya dibiarkan bening juga cukup bagus. Lem tembak ketika kering memiliki sifat lengket, sehingga cocok bila ditempeli prada emas atau dengan golden leaf. Bila kurang lengket, maka dapat diolesi lagi dengan lem khusus prada. Kalau saya sih cukup menggunakan lem stick.
  • Potong potong prada untuk memudahkan pemakaian
  • Letakkan prada diatas tulisan, kemudian gosok pelan pelan sampai terlihat menempel semua secara merata. Perhatikan sudut sudut jangan sampai terlewat. 
  • Tunggu beberapa saat sampai melekat sempurna.
  • Cabut plastiknya, maka warna emas akan tertinggal diatas tulisan

Prinsipnya hanya seperti itu.

Mungkin kamu perlu cutter untuk membuang serabut serabut lemnya supaya hasil karyamu terlihat halus. Mungkin juga kamu butuh pernis/coat/pelindung. Yang penting coba coba dulu. Setelah mengerti, tinggal mencari tehnik terbaik yang belum diketemukan orang lain dalam berkreasi.  

Berikut ini beberapa contoh hasilnya :

Kaligrafi Emas Muhammad
Kaligrafi Muhammad (https://prosespembuatanbajatahankarat.wordpress.com). Bentuk kaligrafinya tidak mengikuti kaidah (asal jadi) walaupun indah. Watak lemnya yang cair, menyulitkan kita untuk membuat kaligrafi yang sesuai pakem. 


Kaligrafi Emas Assalamualaikum
Assalamuálaikum (http://alitadevi.blogspot.co.id/).  Terlepas dari keindahan kreasinya, kaidah tulisan masih belum terpenuhi.



Ayat Kursi

Ayat kursi berbentuk guci sangat indah (http://www.indonetwork.co.id/).
Tentu bahan bahan yang digunakan juga lebih  rumit dan pengerjaannya sangat telaten.  Titik lemahnya masih pada tulisan. Lihat saja lafadz jalalah yang kegemukan ujungnya. Bandingkan dengan hiasan pinggirnya yang sempurna. 
<
Cara Membuat Kaligrafi Timbul Dengan Glue Gun (Lem Tembak) 4.5 5 Subhan Hidayat Berikut ini kita akan coba berkarya kaligrafi dengan menggunakan lem tembak (hot glue). Entah siapa yang mula mula membuat kaligrafi de...


5 comments:

Herbal Medicine said...

Tips yang sangat bermanfaat ...
Pengen nyoba ...

Obat Kuat Herbal

andi said...

sangat menambah pengetahuan saya, semoga bermanfaat

abdul basit said...

bissa mesan plastik emasnya itu gak nih

Subhan Hidayat said...

Waah...saya ga jualan mas. Silahkan cari di internet insya Allah banyak yang jual.

Unknown said...

Wah jdi pnasaran pngen coba bikin sendiri.klo boleh tau berapa watt lem tembak yang bagus untuk kaligrafi.trimksih...

About Me

Copyright © 2017 Seni Kaligrafi Islam. Powered by Blogger.

Labels

video (60) Gallery (58) Khattat (48) Buku Kaligrafi (36) Download (27) Latihan (15) Tematik (14) Gambar pilihan (11) Kaligrafi Islam (11) Tsuluts (11) artikel (11) Cara (10) Farisi (10) Pena Kaligrafi (9) tutorial (9) Wallpaper (8) Alat Kaligrafi (7) Kaligrafer Mesir (7) news (7) Diwani (6) Kufi (6) Diwani Jali (5) KHATTAT MESIR (5) Kaligrafer Turki (5) Khat Riq'ah (5) Mushaf (5) Naskhi (5) ASMAUL HUSNA (4) Kaligrafi Kontemporer (4) Khat Maghribi (4) Khattat Indonesia (4) Khattat Ottoman (4) Syauqi (4) Banat Su'ad (3) Berkreasi (3) Burdah (3) Hamid Al Amidi (3) Hasyim Muhammad Al-Baghdady (3) KAPUR TULIS (3) Kertas Kaligrafi (3) Kontemporer/Modern (3) Kufi Murobba' (3) Masyaq (3) Ornamen (3) Ramadhan (3) Sami Afandi (3) Syakal (3) Belajar Kaligrafi (2) Kaligrafer (2) Kaligrafer Iraq (2) Kaligrafer Ottoman (2) Kaligrafer Wanita (2) Khat Kufi Murobba' (2) Khat Moalla (2) Musthafa Khudair (2) Nisan (2) Surah Yasin (2) Tinta (2) Yaqut Al Musta'shimi (2) Zaky Al Hasyimi (2) basmalah (2) hilyah syarifah (2) Abdul Naser Al Mashri (1) Abdurraziq Salim (1) Al Ikhlas (1) Allah (1) Aydemir (1) Berlatih Kaligrafi (1) Bismillah (1) Gambar Kaligrafi (1) HIASAN MUSHAF (1) Hagia Sophia (1) Hamdalah (1) Hari Raya (1) Hasan Celebi (1) Hassan Massoudy (1) Hiasan (1) Ibnu Bawwab (1) Ismail Zuhdi (1) Jawad Sabti (1) KHAT DIWANI JALI (1) KHUDAIR BUR SAIDI (1) Kaligrafer Iran (1) Kaligrafer Jepang (1) Kaligrafer Jordan (1) Kaligrafer Palestina (1) Kaligrafer Yaman (1) Kaligrafi Hias (1) Kaligrafi Online (1) Kaligrafi Tematik (1) Karya (1) Kertas Muqohar (1) Khat Diwani (1) Khat Farisi (1) Khat Naskhi (1) Khat Niho Arabi (1) Khat Shikasteh (1) Khat Tsuluts (1) Khattat China (1) Khattat Libanon (1) Khattat Saudi (1) Khattat Turki (1) Khudair (1) Lomba Kaligrafi (1) Macan Ali (1) Man Shabara (1) Marbling (EBRU) (1) Masjid (1) Muhammad Nadzif (1) Muhammad Sa'ad Al Haddad (1) Muhaqqaq (1) Mustafa Halim (1) Omid Rabbani (1) QALAM (1) REVIEW (1) Sami (1) Tanda Tangan (Tauqi') (1) Tughra (1) frame (1) jalal amin (1) kal (1) kerajinan (1) riq'ah (1) riqa (1) software (1)